Serius Tanggulangi Stunting, Pj Walikota Cirebon Lakukan Ini

Serius Tanggulangi Stunting, Pj Walikota Cirebon Lakukan Ini

Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi membuka acara dan orasi ajakan pencegahan stunting dengan aksi bergizi di Grage City Mall Cirebon, Jumat (1/3/2024). -Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Masalah stunting menjadi perhatian serius di Kota Cirebon. Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi bakal melakukan sejumlah gerakan.

Pj Walikota Cirebon, membuka acara dan orasi ajakan pencegahan stunting dengan aksi bergizi di Grage City Mall Cirebon, Jumat 1 Maret 2024.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, para Kepala Perangkat Daerah terkait, para Kepala Sekolah, para Tenaga Kesehatan dan para kader Kesehatan Remaja dan Duta Putera Setia.

Dalam orasinya, Pj Walikota menyebut bahwa Aksi Bergizi ini menjadi salah satu upaya intervensi Pemerintah Daerah Kota Cirebon pada sektor hulu dan pemberian edukasi secara terus menerus kepada remaja putri. 

BACA JUGA:Gara-gara Komdis PSSI, Nick Kuipers Curhat Begini: Ini Gila!

BACA JUGA:PT KAI Sediakan Kopi Gratis di Stasiun, Cirebon Ada?

"Ini merupakan pembekalan jangka panjang karena nantinya mereka akan menjadi dewasa, berkeluarga, dan berperan sebagai ibu. Semuanya harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin, sehingga kedepannya tidak ditemukan adanya kasus kekurangan gizi dan stunting," ujar Agus Mulyadi.

Pj Walikota menerangkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk pencegahan stunting. Salah satunya melalui suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD) khususnya bagi remaja putri. 

Aksi Bergizi ini dilaksanakan dengan tiga intervensi utama. Pertama, sarapan dan minum TTD bersama di sekolah setiap minggu. 

Kedua, edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik. 

BACA JUGA:Pemain Vietnam Ini Berkarir di Jepang, Justru Menolak Lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

BACA JUGA:Timnas Indonesia Hadapi China, Kick Off Jadi Sorotan

Ketiga, komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif. 

"Aksi ini harus berkelanjutan, tentunya untuk meningkatkan kesadaran remaja putri agar terbiasa mengkonsumsi tablet tambah darah, gizi seimbang, dan berperilaku hidup bersih dan sehat," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: