Sambut Harjad ke 542, PGRI Gandeng PMI - RS Buka Donor Darah

Sambut Harjad ke 542, PGRI Gandeng PMI - RS Buka Donor Darah

DONOR DARAH. PGRI Kabupaten Cirebon menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten Cirebon ke 542 tahun.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  PGRI Kabupaten Cirebon menyambut hari jadi Kabupaten Cirebon ke 542. Berbagai rangkaian kegiatan pun mulai digelar. Salah satunya menggelar Donor Darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Acara yang dipusatkan di Sekretariat PGRI itu mendapat respon positif dari masyarakat. Utamanya, insan PGRI.

Ketua PGRI Kabupaten Cirebon, Yeyet Nurhayati SPd mengatakan, agenda Bakti Sosial Donor Darah terselenggara dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 542. Selain Donor Darah, juga ada kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis. Dalam pelaksanaannya, PGRI tidak sendiri, namun merangkul PMI Kabupaten Cirebon dan pihak Rumah Sakit.

"Untuk Donor Darah ini, sebetulnya di PGRI sudah menjadi agenda rutin tiga bulanan. Tapi karena ini sekaligus peringatan Harjad, diikuti bukan hanya anggota PGRI saja. Tapi, dari setiap SKPD juga mengirimkan," ujar Yeyet, saat ditemui di gedung PGRI, Rabu 6 Maret 2024.

Sebelumnya, kata Yeyet, PGRI sudah berkirim surat ke Ketua Penyelenggara Harjad, yakni Sekretaris Daerah (Sekda). Isinya meminta adanya pengerahan masa dari SKPD untuk turut serta mendonorkan darah. "Akhirnya Sekda mengintruksikan agar masing-masing SKPD minimal mengirimkan pasukan sebanyak 5 orang untuk berdonor," terangnya.

BACA JUGA:Tiket Indonesia vs Vietnam Sold Out, Netizen Salfok Jersey Skuad Garuda

"Kalau anggota PGRI, kami wajibkan 5 orang per kecamatan. Kalau lebih bagaimana, ya itu sangat diperkenankan," ucap Yeyet, didampingi Sekretaris PGRI, Mukyani.

Adapun untuk pengecekan kesehatan, meliputi cek gula darah, dan cek kulit. Itu semua gratis. Wartawan yang meliput pun, diberikan kesempatan untuk langsung mengecek kesehatannya. "Ini juga sekaligus syukuran kongres PGRI, karena acaranya sukses tanpa ekses," ungkapnya.

Disinggung apakah PGRI pernah mendapatkan penghargaan dari PMI, terkait agenda donor darah yang rutin dilaksanakan, Yeyet mengaku tidak pernah mendapatkan penghargaan apapun. "Soal itu (penghargaan,red) kami tidak mendapat apapun. Ini kan kemanusiaan," tuturnya.

Tapi, Yeyet mengakui dalam pelaksanaan donor darah kali ini, memang ada penambahan menu bingkisan, bagi siapapun yang berdonor. "Kan kalau donor, suka dikasih bingkisan. Nah, di PGRI ada tambahan minyak gorengnya," katanya.

BACA JUGA:Siswi MAN 1 Majalengka Hilang Setelah Pamit Belajar Kelompok, Motor Ditinggal di Alun-alun

Kendati tidak mengharapkan adanya penghargaan, harusnya kata Yeyet, ada penghargaan terhadap PGRI dari PMI. Karena PGRI rutin menggelarnya, dan seringkali banyak peminatnya. "Kalau dalam agenda rutin kami, tidak kurang dari 100 pendonor. Kalau hari ini, kami targetkan bisa tembus diangka 400 pendonor," tandasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon Sri Heviana menjelaskan donor darah kali ini, terselenggara berkat kerjasama PMI dengan PGRI. Tapi kata Sri, khusus agenda kali ini, sekaligus memperingati Harjad.

" Alhamdulillah luar biasa. Partisipasinya tinggi. Terimakasih kami sampaikan. Mudah-mudahan dalam agenda rutin tiga bulanan nanti, antusiasnya juga tinggi," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: