Rekomendasi Olahraga Terbaik Untuk Orang Tua

Rekomendasi Olahraga Terbaik Untuk Orang Tua

Olahraga Terbaik untuk Orang Tua-Foto : klikdokter.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Seiring bertambahnya usia, tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit. Salah satu cara agar tubuh tetap bugar di usia yang tidak lagi muda adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga olahraga secara teratur. 

Memasuki usia senja, olahraga dianggap sebagai sesuatu yang memberatkan. Daya tahan fisik yang sudah tidak kuat lagi menjadi alasannya.

Padahal ada banyak olahraga terbaik untuk orang tua yang bisa dilakukan, tanpa perlu banyak tenaga dan juga peralatan. 

BACA JUGA:Sambut Harjad ke 542, PGRI Gandeng PMI - RS Buka Donor Darah

Jenis olahraga terbaik untuk orang tua ini, bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Olahraga tetap menjadi kebutuhan, bahkan bagi orang tua sekalipun.

Saat melakukan berbagai olahraga terbaik untuk orang tua, juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang sehat. Ini agar hasil dari olahraga yang dilakukan bisa maksimal. 

Tidak bisa dipungkiri, kondisi fisik dan organ tubuh perlahan menjadi kurang optimal karena faktor usia. Namun, hal itu bisa diimbangi dengan tetap melakukan olahraga. Pemilihan jenis olahraga juga disarankan disesuaikan dengan usia dan kondisi tubuh.

Olahraga berat tidak dianjurkan dilakukan oleh orang-orang yang sudah memasuki usia senja. Jika dipaksakan akan berisiko pada cedera ringan hingga berat. Berikut adalah rekomendasi olahraga terbaik untuk orang tua:

1. Bersepeda

Jenis olahraga terbaik untuk orang tua yang bisa dilakukan adalah bersepeda. Olahraga ini, menjadi salah satu alternatif olahraga terbaik untuk orang tua.

Selain mudah dilakukan, bersepeda mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita seperti melemaskan otot, memperkuat jantung, hingga meningkat kerja sistem kardiovaskular. 

Durasi bersepeda untuk orang tua juga bisa disesuaikan. Tidak perlu lama-lama, asalkan rutin dilakukan cukup 30 menit setiap hari. Usahakan untuk memilih waktu bersepeda di pagi hari karena udaranya masih bersih dan segar. 

BACA JUGA:Spesifikasi Redmi Note 13 4G dan Redmi Note 13 5G Beda Harga 400 Ribu, Mending Pilih Mana?

Pemilihan trek juga harus diperhatikan. Trek yang menanjak, akan membutuhkan banyak tenaga yang membuat bersepeda menjadi cepat lelah. Memilih trek aspal dengan kontur jalan rata sangat disarankan agar saat bersepeda terasa nyaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: