Long Weekend, Diprediksi Jumlah Kendaraan yang Melintas di Tol Cipali Meningkat

Long Weekend, Diprediksi Jumlah Kendaraan yang Melintas di Tol Cipali Meningkat

Diskon akan diberikan oleh pengendara roda empat saat melintasi Trans Jawa saat momen mudik Lebaran 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

SUBANG, RADARCIREBON.COM - ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) memprediksi 272 ribu kendaraan melintasi Ruas Tol Cipali pada periode libur akhir pekan Jumat, 8 Maret 2024 hingga Selasa, 12 Maret 2024.

Akumulasi volume lalu lintas pada perayaan Hari Raya Nyepi dan bertepatan dengan awal Bulan Ramadan ini meningkat hingga 26,459 dibandingkan dengan Lalu Lintas Harian (LHR) normal.

“Kami memprediksi puncak arus lalu lintas libur akhir pekan Hari Raya Nyepi dan awal Bulan Ramadan terjadi pada hari Minggu, 10 Maret 2024 dengan kenaikan hingga 33,724 dibandingkan LHR normal.”

BACA JUGA:Penjabat Gubernur Jabar Ingin bank bjb Tingkatkan Kinerja Pasca Terima LHP

BACA JUGA:Masyarakat Gintung Lor Susukan Cirebon Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan Balaidesa, Inilah Tuntutannya

BACA JUGA:Belum Dapat Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran, PT KAI Buka Pemesanan Lagi

“Sedangkan bila dibandingkan dengan volume lalu lintas H-1 Hari Raya Nyepi tahun 2023, terdapat peningkatan volume lalu lintas sebesar 0,5,” tutur Kepala Divisi Operasional ASTRA Tol Cipali, Sri Mulyo.

Pada arus long weekend kali ini untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang akan melintas, ASTRA Tol Cipali mempersiapkan manajemen trafik berupa Contra Flow (CF).

Namun, pelaksanaan cf ini bersiat situasional menyesuaikan volume lalu lintas dan koordinasi bersama Kepolisian Daerah Jawa Barat.

BACA JUGA:Sikapi Kejanggalan Hasil Pemilu 2024, Ganjar-Mahfud Sudah Bertemu dengan TPN dan Megawati, Begini Hasilnya

BACA JUGA:5 Cara Download Video di Youtube Tanpa Instal Aplikasi

BACA JUGA:Pesawat Kargo Milik Smart Air Hilang Kontak Usai Lepas Landas dari Bandara Juwata Tarakan

ASTRA Tol Cipali mempersiapkan titik siaga untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada momen libur akhir pekan ini yang berada di KM 86, KM 130, serta KM 1534200.

Petugas Astra Tol Cipali juga menyiapkan sarana prasarana berupa 3.000 rubbercone untuk mendukung pelaksanaan Contra Flow,

ASTRA Tol Cipali menghimbau untuk memastikan kondisi kendaraan dan fisik prima sebelum berkendara, Keamanan diri, keluarga, dan pengguna lain dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Sedangkan bila dalam kondisi hujan batas kecepatan maksimal 70 km/jam.

Jika anda sudah berkendara lebih dari 4 jam dan kondisi fisik lelah, segera beristirahat di Rest Area terdekat.

BACA JUGA:Hadiri Peresmian GGM, Bey Machmudin: Manfaatkan Majalengka dengan Kegiatan Produktif dan Positif

BACA JUGA:Hadiri BRI Microfinance Outlook 2024, Menkop UKM Teten Masduki Puji Inovasi Pembiayaan UMKM

BACA JUGA:Inilah Alasan Mengapa Sidang Isbat Dilakukan Sebelum Memulai Ibadah Puasa?

ASTRA Tol Cipali memiliki 7 Rest Area aktif yang tersebar baik arah Jakarta maupun arah Cirebon, dengan fasilitas yang lengkap untuk memudahkan pengendara dalam beristirahat.

Apabila kapasitas rest area sudah melebihi batas maksimal 704, pengguna jalan dapat keluar di gerbang tol terdekat untuk mengisi bahan bakar, menjelajahi kuliner khas 5 wilayah di Ruas Tol Cipali, serta beristirahat dengan maksimal tanpa tambahan biaya perjalanan. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase