Sambut Ramadan, DKM AL Husna GSP Gelar Pawai Obor

Sambut Ramadan, DKM AL Husna GSP Gelar Pawai Obor

SEMARAK: Menyambut bulan Ramadhan 1445 Hirjiah, DKM Al Husna Kompleks GSP Kelurahan Karyamulya Kota Cirebon menggelar tarhib yang ditandai dengan Pawai Obor-Iman Sudarman-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, DKM Masjid Al Husna Kompleks Perumahan Griya Sunyaragi Permai (GSP) Kelurahan Karyamulya melaksanakan acara Tarhib Ramadhan dengan ditandai pawai obor, akhir pekan kemarin.

Dilepas Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Husna Prof Dr KH Farihin Nur MPd dan Ketua Panitia H Saleh Ending di depan Masjid Al Husna, peserta pawai obor mulai dari anak-anak, bapak-bapak hingga emak-emak, sangat antusias jalan kaki sambil melantunkan sholawat mengeliling kompleks GSP yang terdiri dari tiga RW yakni RW 12, 16 dan 17 dan kembali lagi di depan masjid.

Ketua DKM Al Husna Prof Dr KH Farihin Nur MPd mengatakan, tarhib Ramadhan yang ditandai dengan pawai obor merupakan bentuk syiar menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Guru besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini menyatakan, Ramadhan seperti tamu agung yang datang pada waktu tertentu sehingga harus mendapat penyambutan secara khsusus.

 “Ketika gembira menyambut bulan Ramadhan maka Allah SWT akan haramkan jasadnya masuk neraka. Sehingga tarhib ini sebagai syiar Islam yang perlu dibudayakan dan dilestarikan untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah, penuh keutamaan dan pengampunan,” beber kiai yang akrab disapa Prof Farihin itu.

BACA JUGA: 1 Remaja Tak Berkutik Diamankan Polisi di Kesambi Dalam Kota Cirebon, Ini Kasusnya

Diakui Prof Farihin, dalam setiap kegiatan termasuk saat pawai obor melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, karena secara psikologis tarhib untuk memberikan kesan positif kepada anak-anak bahwa mereka memiliki momen-momen penting saat menyambut Ramadhan.

“Tarhib ini internalisasi nilai-nilai kerohanian kepada anak-anak khususnya dan masyarakat luas sehingga perlu dibudayakan baik di musala, masjid maupun instansi swasta dan pemerintahan,” ujar pakar pendidikan ini. 

Terkait agenda Ramadhan, Prof Farihin menjelaskan, selain tarhib menyambut Ramadhan, DKM Al Husna sudah menyiapkan puluhan kegiatan selama Ramadhan yang melibatkan tidak hanya jamaah masjid tetapi seluruh lapisan masyarakat. “Bahkan di awal Ramadhan, DKM Al Husna sudah menghimpun zakat mal, sehingga masyarakat yang mau menyalurkan zakat bisa melalui DKM Al Husna,” ujarnya.

Prof Farihin berharap, pengurus dan panitia terus menjaga kekompakan sehingga seluruh kegiatan yang dijadwalkan bisa terlaksana dengan baik. 

BACA JUGA: Sholat Tarawih Kilat di Indramayu Bakal Kembali Digelar, 23 Rakaat Selesai 6-7 Menit

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadhan DKM Al Husna H Saleh Ending menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan puluhan kegiatan selama Ramadhan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, diantaranya tarhib Ramadhan, tarawih dan kultum, takjil, tadarus, nuzulul quran, kajian ahad pagi, pesantren Ramadhan, lomba islami untuk anak SD sampai SMP, itikaf, bakti sosial peduli Ramadhan, santuanan ke pantiasuhan, salat Idul Fitri dan halalbilhalal.

Saleh Ending berharap, sejumlah kegiatan yang dirancang itu bisa meningkatkan keimanan dan keimanan warga kepada Allah SWT, memotivasi warga untuk terus berbuat kebaikan serta berupaya mencetak generasi penerus. “Dalam setiap sub kegiatan, kami selalu melibatkan anak-anak dan remaja sebagai upaya untuk mencetak generasi penerus. Kami berharap, kegiatan yang ada bisa menambah keimanan kepada Allah SWT dan memotivasi warga untuk terus berbuat baik,” pungkas mantan Lurah Karyamulya ini. (sud/rls)

BACA JUGA: Kemenangan Persib atas Persija Hambar, Ini Pengakuan Manajemen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: