Bambang Minta BBWS untuk Prioritaskan Normalisasi Sungai

Bambang Minta BBWS untuk Prioritaskan Normalisasi Sungai

GERAK CEPAT: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Bambang Mujiarto ST bersama relawan meninjau lokasi banjir di wilayah Cirebon Timur, kemarin. -Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Cirebon Timur mengundang keprihatinan banyak pihak.

Tak terkecuali bagi Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Mujiarto ST yang turun langsung dan mendistribusikan bantuan untuk para korban terdampak banjir di sejumlah titik di Cirebon Timur.

Menurut Bambang, tren banjir di Cirebon Timur hampir selalu dipicu oleh tingginya curah hujan sehingga sungai-sungai yang ada tidak kuat untuk menampung debit air.

“Banjir kemarin karena kondisi sungai tidak ideal, ada sedimentasi, sungai menyempit, tanggul kritis sehingga membuat air meluap ke pemukiman dan areal persawahan,” ujar Bambang.

BACA JUGA:Dinding Gedung Setda Pemkot Cirebon Jebol Diterjang Angin

Sesuai kewenangannya, Bambang meminta agar pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR maupun BBWS agar segera melakukan tindakan dan upaya yang diperlukan agar bencana serupa tidak terjadi dikemudian hari.

“Inikan prosesnya berulang, banjir besar seperti ini pernah terjadi beberapa tahu lalu, kan harusnya bisa diatasi oleh pihak terkait. Sungai kan domainnya ke BBWS, kalau dibiarkan terus terjadi, lalu BBWS kinerjanya bagaimana, saya melihat mendesak sekali normalisasi sungai ini harus segera dilakukan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga mendistribusikan seribuan lebih paket makanan untuk para korban banjir. Menurutnya, proses pemulihan pasca bencana harus dilakukan secara cepat agar tidak ada trauma yang membekas pasca banjir yang terjadi.

“Saya mengajak semua pihak ikut turun tangan dan membantu saudara kita yang sedang tertimpa bencana, kita bisa bantu dengan apa saja sesuai dengan kemampuan kita,” kata Bambang. Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga turut mensosialisasikan Perda Provinsi Jawa Barat. (dri)

BACA JUGA:Warga Kota Cirebon Nantikan Visi Misi Abah Qomar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: