Permukiman Warga di Blok Centeng Desa Dermayu Terendam Banjir, Akibat Drainase Buruk dan Curah Hujan Tinggi

Permukiman Warga di Blok Centeng Desa Dermayu Terendam Banjir,  Akibat Drainase Buruk dan Curah Hujan Tinggi

TERENDAM BANJIR: Permukiman warga di Blok Centeng Desa Dermayu masih tergenang air akibat curah hujan tinggi dan sistem drainase yang buruk, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM -Curah hujan tinggi yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu sejak Selasa(12/3) hingga Kamis (14/3), menyebabkan puluhan rumah warga di Desa Dermayu Kecamatan Sindang terendam banjir.

Pantauan wartawan di lapangan, Kamis (14/3) siang, genangan air masih merendam puluhan rumah warga di Blok Centeng Desa Dermayu Kecamatan Sindang dengan ketinggian 50 centimeter. Bahkan, air juga sempat merendam Jalan DI Panjaitan Kelurahan Karanganyar.

Salah seorang warga, Eti Purwanti (42), mengatakan, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi tersebut mulai terjadi sejak Kamis (14/3) pukul 03.30 WIB dini hari, sampai masuk ke dalam rumah.

Menurutnya, banjir di desanya itu selalu terjadi setiap tahun. Selain karena curah hujan yang tinggi, kata Eti, kondisi wilayah yang rendah dan buruknya drainase menjadi penyebab banjir.

BACA JUGA:Bencana Banjir Cirebon Timur Harus Menjadi Introspeksi

“Jika hujannya gak berhenti-henti pasti banjir, setiap tahun sekali. Air baru surut setelah dua hari, itu juga kalau gak hujan lagi,” ujarnya.

Hal senada dikatakan warga lainnya, Karno. Dikatakan Karno, tingginya curah hujan sejak beberapa hari lalu berimbas meningkatnya debit air di saluran drainase.

Selain itu, lanjut Karno, debit air di sungai juga tinggi sehingga menyebabkan air dari drainase tidak dapat terbuang. Imbasnya menyebabkan banjir air di permukiman warga.

“Air masih menggenang, agar air tidak masuk ke rumah, jalan masuk gang sudah ditutup. Karena jika ada kendaraan masuk akan menyebabkan gelombang air bisa masuk, semoga saja hujan berhenti dan air bisa cepat surut,” ujarnya. (oni)

BACA JUGA:Komitmen Daihatsu Cerdaskan Bangsa Lewat Pendidikan Vokasi dengan Meluncurkan Fasilitas Pelatihan Manufaktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: