Hadiri Dies Natalis IPDN ke-68, Pj Wali Kota Cirebon: Tetap Maju dan Berdaya Saing

Hadiri Dies Natalis IPDN ke-68, Pj Wali Kota Cirebon: Tetap Maju dan Berdaya Saing

Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi menghadiri Dies Natalis Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke-68 di Kampus IPDN Jatinangor, Senin 18 Maret 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM -  Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi menghadiri acara sidang senat Dies Natalis Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke-68 di Kampus IPDN Jatinangor, Senin 18 Maret 2024.

Dies natalis IPDN itu juga dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara daring, Mendagri Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian BA MA PhD yang diwakilkan oleh Inspektur Jenderal Kemendagri, Komjen Pol Drs Tomsi Tohir MSi dan segenap civitas akademika IPDN.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota mengucapkan selamat dan sukses kepada IPDN yang memperingati Dies Natalis ke-68.

BACA JUGA:KPU Sahkan Hasil Perolehan Suara di 33 Provinsi, Besok Giliran Maluku, Papua dan Papua Pegunungan

BACA JUGA:Resmi! KPU Jabar Tetapkan Pasangan Probowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Pemenang Pemilu 2024

BACA JUGA:Laksanakan Gaktiblin, Sei Propam Polresta Cirebon Gelar Tes Urine untuk Seluruh Personel

Sebagai tonggak bersejarah dalam perjalanan pendidikan pemerintahan, Pj Wali Kota menilai, IPDN memiliki komitmen kuat untuk terus mengembangkan kompetensi kader pemerintahan dalam menghadapi tantangan era digitalisasi yang semakin berkembang pesat.

"Lulusan IPDN harus menjadi agen perubahan, pembaharuan tata pemerintahan dan percepatan pelayanan tugas di tempat masing-masing," ujarnya.

Pj Wali Kota berpesan kepada praja-praja IPDN untuk tetap meluruskan niat dan berikhtiar untuk menjadi penerus bangsa yang memberikan manfaat untuk kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Pendaftar Membludak, Pelatihan VSGA Digital Talent Scholarship Tambah Peminat

BACA JUGA:Bupati Imron Serahkan Langsung Laporang Keuangan 2023 ke BPK: Semoga Kembali WTP

BACA JUGA:Cegah Banjir, Bey Machmudin: Peninggian Tanggul Kali Bekasi Rampung Juni 2024

"Mudah-mudahan IPDN membawa berkah dan dampak yang positif untuk kemajuan pendidikan. Teriring doa semoga IPDN tetap maju dan berdaya saing," harapnya.

Dalam orasi ilmiahnya, Rektor IPDN, Prof Dr Drs H Hadi Prabowo MM kembali menegaskan kepada seluruh kader pemerintahan untuk selalu siap dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi.

Hal ini selaras dengan fenomena bahwa transformasi pemerintahan digital terus berkembang.

Menurut Prof Hadi, transformasi pemerintahan digital merupakan tuntutan perkembangan global yang mengharuskan seluruh pemerintahan negara di dunia untuk dapat menyesuaikan diri dan mengadopsi sistem baru yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat.

BACA JUGA:Jika Selasa Irfan Nur Alam Ditahan Kejaksaan Usai Pemeriksaan, Karna Sobahi Akan Lakukan Hal Ini

BACA JUGA:Tersangka Korupsi Pasar Cigasong, Irfan Anak Karna Sobahi Akan Didampingi Yusril Ihza Mahendra

“Fakta inilah yang membuat kita, harus mempersiap diri dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang berubah sangat cepat dan radikal, khususnya dalam menghadapi dinamika pemerintahan dan pelayanan publik di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” ujarnya.

Inspektur Jenderal Kemendagri, Komjen Pol Drs Tomsi Tohir MSi berharap, IPDN dapat terus memantapkan diri menjadi lembaga pendidikan kedinasan yang berperan sebagai Think Tank Center of Excellent dalam bidang pemerintahan.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Pasar Cigasong Majalengka, DRN Bantah Setor Uang ke Irfan Nur Alam

Ia mengatakan bahwa dies natalis ini menjadi momen untuk berkontemplasi, evaluasi dan merencanakan langkah-langkah strategis kedepan guna memastikan diri sebagai lembaga pendidikan yang inovatif dan berdaya saing.

“Yang terpenting adalah praja IPDN harus mampu meningkatkan kompetensi dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi komunikasi, karena sekarang seluruh sektor kehidupan menerapkan digitalisasi, termasuk didalamnya dalam sektor pemerintahan,” harapnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase