Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Begini Persiapan yang Dilakukan Astra Tol Cipali

Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Begini Persiapan yang Dilakukan Astra Tol Cipali

ASTRA Tol Cipali menggelar press conference persiapan mudik dan balik Lebaran 2024 di kantor Astra Tol Cipali Subang, Kamis 21 Maret 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

SUBANG, RADARCIREBON.COM - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) memprediksi 2,1 juta kendaran melintasi Ruas Tol Cipali pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Prediksi volume lalu lintas tersebut meningkat hingga 2,2 persen dibandingkan realisasi volume lalu lintas pada Lebaran 2023.

Sedangkan bila dibandingkan dengan Lalu Lintas Harian (LHR) diprediksi terdapat peningkatan sebesar 79,9 persen.

BACA JUGA:Berbagi di Bulan Suci, XRI Chapter Cirebon Sebarkan 300-an Paket Takjil

BACA JUGA:Sekjen PDI Perjuangan: Dukung TPN Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK

BACA JUGA:Menang Pilpres 2024, Prabowo Subianto: Terima Kasih Kepada Seluruh Rakyat Indonesia

“Kami memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 akan berada di tanggal Sabtu, 6 April 2024 dengan prediksi 122 ribu kendaraan melintasi Ruas Tol Cipali.”

“Sedangkan puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi berada di Minggu, 14 April 2024 dengan prediksi 141 ribu kendaraan melintas,” tutur Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali, Sri Mulyo kepada wartawan Cirebon, Majalengka, Indramayu, Subang dan Purwakarta saat press conference persiapan mudik dan balik Lebaran 2024 di kantor Astra Tol Cipali Subang, Kamis 21 Maret 2024.

Dijelaskan Sri, pihaknya juga telah mempersiapkan sarana prasarana berupa 5.000 Rubber Cone (RC), 600 buah Medium Water Barrier (MWB), serta 28 titik bukaan median (u-turn) untuk menunjang pelaksanaan rekayasa lalu lintas.

BACA JUGA:Catat Ya! Berikut Jadwal Libur Idul Fitri untuk Anak Sekolah Tahun 2024

BACA JUGA:Beda Sikap dengan Partai NasDem, Tim Hukum AMIN Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

BACA JUGA:Presiden Jokowi Nonton Langsung Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK

"Adapun pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way maupun contra flow akan menyesuaikan dengan diskresi Korlantas Polri,”jelasnya.

Menurutnya, layanan lalu lintas ASTRA Tol Cipali juga selalu siap sedia selama 24 jam setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan di festive Lebaran 2024.

"Layanan ini berupa 10 unit armada patroli, 2 unit armada rescue, 2 unit armada kamtib, 12 unit armada derek termasuk  5 unit tambahan, 5 unit ambulance, serta 6 unit armada Patroli Jalan Raya (PJR)," ucapnya.

Untuk layanan informasi dan peristirahatan, lanjut Sri, pada tahun 2023, rest area KM 86B sebelumnya tidak dioperasionalkan sementara waktu akibat kejadian alam pada April hingga Juli 2023.

BACA JUGA:Ada Parliamentary Threshold, Inilah Parpol yang Tidak Lolos ke Senayan

BACA JUGA:Rp3,9 Triliun Disiapkan KPw BI Cirebon untuk Penukaran Uang Jelang Idul Fitri

"Pada Lebaran 2024 ini, rest area KM 86B akan digunakan kembali secara fungsional di bagian toilet dan musala. Astra Tol Cipali akan terus berkoordinasi dan meninjau arahan dari regulator.”

“Kami berkomitmen untuk memastikan kesiapan pembukaan secara fungsional rest area KM 86B agar aman dan nyaman digunakan pengguna jalan,” tandasnya.

Secara umum, Sri mengatakan, Astra Tol Cipali memiliki 8 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

"TIP ini telah dilengkapi oleh 785 toilet gratis, ruang nursery, SPBU, SPKLU, kantong parkir kendaraan yang ramah wanita dan disabilitas, tempat ibadah, bengkel umum, hingga lebih dari 190 tenant yang terdiri dari UMKM, mini swalayan, hingga berbagai jenis rumah makan.

BACA JUGA:Ada Penawaran Istimewa di Informa Living Plaza Cirebon Jelang Idul Fitri

Sedangkan dari sisi informasi, pengguna jalan dapat mengakses informasi arus lalu lintas terkini melalui media komunikasi luar ruang berupa spanduk dan Variable Message Sign (VMS) serta

melalui media sosial Instagram dan Twitter atau X (@astratolcipali).  Adapun bila pengguna jalan mengalami hambatan di sepanjang Ruas Tol Cipali petugas Traffic Monitoring Center (TMC) siaga  24 jam melalui nomor +62-260-7600-600 atau 081 1234 7600," katanya.

Sri memaparkan, selama arus mudik dan balik lebaran 2024 dipastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam kondisi yang prima.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin dan cek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan.

BACA JUGA:Gunakan Formasi 3-4-3, Ini Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia melawan Vietnam

"Bila kondisi fisik sudah mulai lelah dan berkendara sudah lebih dari 4 jam segera beristirahat di 7 rest area yang tersebar di area Cipali.”

“Apabila kapasitas rest area sudah melebihi batas maksimal 70 persen, pengguna jalan dapat keluar di gerbang tol terdekat untuk mengisi bahan bakar, menjelajahi kuliner khas 5 wilayah di Ruas Tol Cipali, serta beristirahat dengan maksimal tanpa tambahan  biaya perjalanan,"paparnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase