5 Tips Persiapkan Sepeda Motor Sebelum Mudik Lebaran

5 Tips Persiapkan Sepeda Motor Sebelum Mudik Lebaran

Tips Persiapkan Sepeda Motor Sebelum Mudik Lebaran-Foto : momotor.id-radarcirebon.com

Karena aki basah membutuhkan cairan berupa air khusus yaitu bernama air aki agar motor tetao berfungsi dengan normal.

Air aki akan berkurang seiring dengan penggunaan sepeda motor beban elektrikal motor. Jika ketinggian air aki tidak pernah dikontrol, akan menyebabkan aki tidak dapat berfungsi dengan normal.

Air aki harus dipastikan tetap dalam keadaan basah harus di cek ketinggian airnya minimal 1 bulan sekali.

3. Lakukan Servis Kendaraan Secara Rutin

Lakukan servis kendaraan secara rutin apalagi kendaraan yang anda miliki adalah kendaraan bermotor. Carilah bengkel resmi yang memiliki standar service berkualitas Indonesia.

Servis sendiri harus rutin dilakukan, baik motor yang setiap hari dipakai, maupun motor yang jarang sekali dipakai. 

Dealer resmi motor akan mengeluarkan rekomendasi service terbaiknya apabila anda membeli motor langsung ke dealer resmi motornya. 

Nantinya dealer motor resmi akan memberikan service secara rutin kepada motor anda karena mau tidak mau dealer juga bukan hanya menjual unit motor saja.

Tetapi juga membuka service bengkel, yang dimana service bengkel itu bisa anda gunakan untuk menservice motor anda secara rutin.

Bukan berarti servis motor hanya bisa dilakukan dibengkel resmi saja, bengkel biasa juga bisa, bahkan jika anda mengerti caranya membongkar pasang motor, anda dapat melakukanya sendiri.

Setiap montir, montir bengkel resmi maupun tidak resmi harus melakukan pemeriksaan, pembersihan, serta penyetelan ulang karburator atau injector, mengecek rem, gas, kopling, juga busi.

4. Bersihkan Motor setelah Terkena Hujan

Tips keempat ini juga sama sekali tidak berpengaruh pada mesin ataupun elektronik motor, namun lebih kepada bodiH motor anda. Cucilah motor anda setelah motor anda terkena air hujan.

Jika tidak sempat mencuci motor, anda dapat melakukan penyiraman air bersih kepada motor anda. 

Karena air hujan mengandung kadar asam yang sangat tinggi, sehingga apabila kadar asam yang ada di air hujan mengenai motor anda dapat menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: