Sumur Ajaib di Masjid Kramat Megu, Dibangun Wali Songo dan Ulama dari Baghdad dan Irak

Sumur Ajaib di Masjid Kramat Megu, Dibangun Wali Songo dan Ulama dari Baghdad dan Irak

Masjid Kramat Megu di Desa Megugede Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Foto:-Samsul Huda-Radar Cirebon

Di dalam area masjid, terdapat sumur keramat dan Bale Mangun yang menjadi pusat kegiatan sosial dan spiritual masyarakat setempat.

BACA JUGA:Remaja 17 Tahun Korban Hubungan Inses Nangis di Pelukan Pelaku, Bikin Aktivis Sosial Terkejut

Bale Mangun merupakan tempat sedekah bumi, menjadi wadah bagi warga untuk berbagi hasil pertanian atau perkebunan mereka sebagai bentuk kepedulian dan keselamatan bersama. 

Sementara itu, sumur keramat di area masjid diyakini memiliki keajaiban penyembuhan. Termasuk dari penyakit yang dipercaya berasal dari ilmu hitam.

"Keunikan lainnya adalah, sumur ini tidak memiliki saluran pembuangan air wudu atau air bekas mandi. Sehingga air bekas wudu langsung dialirkan ke Desa Kecomberan tanpa melalui saluran pembuangan di area masjid," tandasnya. 

Diceritakan, Ki Buyut Megu sendiri merupakan seorang utusan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran yang ditugaskan untuk menjemput Raden Walangsungsang, anak dari Prabu Siliwangi agar kembali ke Pajajaran. Sesampainya di Cirebon, Ki Buyut Megu bertemu Raden Walangsungsang tetapi malah masuk Islam.

BACA JUGA:Meremehkan Indonesia, Kapten Vietnam Bandingkan dengan Jepang dan Irak yang Lebih Kuat

"Pangeran Walangsungsang sudah menetap di Cirebon berguru pada Syekh Nurjati dan menjadi muslim yang membangun pedukuhan Caruban. Nah yang ditugaskan untuk menjemput itu Ki Buyut Atas Angin. Tapi malah berbalik masuk Islam," tutur pegiat sejarah dan naskah kuno dari Komunitas Latar Wingking, Farihin.

Ada cerita juga yang menyebutkan sebelum masuk Islam, Ki Buyut Atas Angin bertarung terlebih dahulu dengan Raden Walangsungsang, setelah mengakui kesaktian Raden Walangsungsang. 

Akhirnya Ki Buyut Atas Angin masuk Islam dan membangun daerah Megu yang sekarang menjadi wilayah Megu, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.

Untuk menuju Masjid Keramat Megu, dari pusat kota, Alun Alun Kejaksaan Kota Cirebon, dapat mengambil arah ke Jalan Kartini menuju Jalan Kabupaten. 

Kemudian belok kanan ke Jalan Raya Cirebon-Bandung, lalu belok kiri ke Jalan Fatahillah sampai Jalan Raya Megu nanti akan terlihat gapura kembar lalu belok kiri.

Meskipun telah berabad-abad berlalu, Masjid Kramat Megu tetap teguh berdiri, menyatukan umat dalam cinta dan pengabdian. 

Dengan setiap doa dan tindakan, cerita keajaiban ini terus hidup, merajut kisah tak terlupakan bagi generasi masa depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: