Hari Ini 2 Gempa Laut Jawa M 4,8 dan M 3,5 Terdeteksi Oleh BMKG

Hari Ini 2 Gempa Laut Jawa M 4,8 dan M 3,5 Terdeteksi Oleh BMKG

BMKG kembali mendeteksi gempa di Laut Jawa, Jumat 29 Maret 2024. Foto:-Tangkapan layar -BMKG

Hari Ini 2 Gempa Laut Jawa M 4,8 dan M 3,5 Terdeteksi Oleh BMKG 

RADARCIREBON.COM - Gempa laut Jawa kembali terdeteksi oleh BMKG kali ini memiliki kekuatan M 4,8.

Gempat tersebut terdeteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG pada Jumat pagi, 29 Maret 2024 pukul 04:23:03 WIB.

Setelah itu BMKG mengumumkan, bahwa pusat gempa berada di Laut Jawa sekitar 127 kilometer Timur Laut Tuban, Jawa Timur

Kedalaman gempa tersebut 10 kilometer. Adapun episenternya cukup dekat dengan gempa sebelumnya yang terjadi di Bawean-Tuban dengan kekuatan M 6,5, Jumat, 22 Maret lalu. 

BACA JUGA:GERCEP! Tak Sampai 24 Jam Pencuri HP di Masjid IAIN Cirebon Ditangkap Polsek Kesambi

Sementara itu, guncangan gempa Laut Jawa yang terjadi hari ini tergolong kategori lemah. Guncangan skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI) terasa di wilayah Bawean, Lamongan, Gresik, Tuban, Pati dan Rembang.

Lebih lanjut BMKG juga mengungkapkan, bahwa efek guncangan gempa Laut Jawa kali ini tidak berpotensi menimbulkan kerusakan.

BMKG juga mencatat adanya gempa susulan pada pukul 06:47:09 WIB namun dengan kekuatan gempa yang lebih lemah yakni M 3,5.

Lokasi gempa susulan tersebut masih di Laut Jawa, tepatnya sekitar 78 kilometer Timur Laut Tuban, Jawa timur. Kedalaman gempa susulan itu pun 10 kilometer.

BACA JUGA:Kecelakaan di Lampu Merah Palimanan Cirebon, Pengendara Motor Meninggal Dunia Terlindas Truk Tangki

Saat ini BMKG belum melaporkan adanya korban akibat gempa tersebut. Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk selalu waspada.

Sebelumnya, guncangan gempa berkekuatan M6,5 sempat terdeteksi di Laut Jawa. Lebih tepatnya sekitar 132 Km di Timur laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 km. 

Gempa yang terjadi pada Jumat, 22 Maret 2024 lalu itu membawa dampak yang cukup masif dan mengakibatkan kepanikan juga kekhawatiran warga di daerah terdampak, khususnya di Pulau Bawean. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: