10 Persen Jalan Kabupaten Rusak, Sekda Kuningan: Butuh 200 Miliar

10 Persen Jalan Kabupaten Rusak, Sekda Kuningan: Butuh 200 Miliar

Sekda Kabupaten Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar memantau perbaikan jalan menjelang Lebaran didampingi Kabid Bina Marga DPUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi, Minggu 31 Maret 2024. --

Target Perbaikan Jalan Kuningan, Sekda Dian: Ini Sesuai Arahan Pimpinan

RADARCIREBO.COM - Sekda Kabupaten Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar meninjau ke sejumlah kecamatan untuk melihat langsung kondisi jalan antar desa.

Sekda Dian bersama Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi, keliling ke sejumlah desa di Kecamatan Jalaksana.

Jalan Kabupaten ditelusuri oleh Sekda dan Kabid Bina Marga mulai dari Desa Garatengah hingga Cengal. Sekda Dina menyaksikan langsung kondisi jalan yang sudah rusak.

Setelah melihat kondisi di lapangan, Sekda langsung memerintahkan Dinas PUTR segera melakukan perbaikan. Targetnya, sebelum Hari Raya Idul Fitri

"Ini sesuai arahan pimpinan, kita coba cek jalur-jalan Kabupaten. Dari mulai Desa Japara, Cengal, Wano, dan nanti Citapen. Jadi, memang ini kerusakan jalannya cukup lumayan. Kita berkoordinasi dengan Pak Kabid dari PUTR, Pak Teddy, didampingi oleh Pak Camat, Bu Kuwu Cengal, dan Pak Kuwu Japara," katanya dilansir dari Radarkuningan.com.

BACA JUGA:Legenda Sepak Bola Korea Mau Jadi Pelatih Timnas Vietnam, Sudah Ajukan Lamaran

BACA JUGA:Uniqlo Melihat Peluang Besar di Cirebon, Baru Buka Sudah Diserbu Warga

Menurut Dian, ruas jalan milik Kabupaten Kuningan panjang totalnya mencapai 800 kilometer. Yang mengalami kerusakan, mulai dari ringan sampai berat mencapai 10 persen. Untuk itu, membutuhkan anggaran yang cukup besar. 

"Insya Allah kita akan ambil langkah-langkah secepatnya. Jadi, memang ini persoalan kita cukup berat. Kurang lebih 800 kilometer jalan yang ada di Kabupaten Kuningan kewenangan kabupatennya. Ya, kurang lebih berdasarkan info ini 2024 ini sudah kerusakannya di atas 10 persen," jelasnya.

"Kalau saya kalkulasi mungkin ini untuk kurang lebih 180 km jalan yang sudah di atas 10 persen kerusakannya. Membutuhkan dana sekitar 200 miliaran. Ini perlu ikhtiar yang keras, insyaallah. Kita dari kemarin sudah mulai ngamen sana-sini termasuk ke Kementerian," imbuhnya.

Tapi yang pasti untuk yang kerusakan di bawah 10 persen, kata Dian, cukup dengan pemeliharaan jalan.

"Saya intruksikan ke Pak Kadis, ke Pak Teddy, ke Pak Kabid. Cobain diselesaikan, kalau bisa ya sebelum lebaran lah. Ini ditambal-tambal dulu sambil menunggu dana dari pusat kita nyari. Sehingga nanti yang tadi di atas 10% kita rekonstruksi, kita rehabilitasi," perintah Sekda Dian.

BACA JUGA:25 Hari Tertimbun Longsor di Jalan Cikijing - Kuningan, Jenazah Korban Akhirnya Ditemukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: