Prediksi Titik Kemacetan Mudik Lebaran 2024, Simak Biang Kemacetan Disebut Kakorlantas Polri

Prediksi Titik Kemacetan Mudik Lebaran 2024, Simak Biang Kemacetan Disebut Kakorlantas Polri

Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Suwadi. Foto: -Jpnn.com-

BACA JUGA:Pekerjaan Terbaik untuk Mereka yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kreatif

Dalam rapat tersebut, lanjut Aan, dibahas mengenai tim urai menggunakan kendaraan operasional. Polri juga akan menurunkan para polwan untuk memberikan imbauan kepada pemudik.

"Dengan harapan bisa lebih patuh lagi para pengemudi yang berhenti di jalan yang menjadi sumber kemacetan," katanya. 

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan upaya rekayasa lalu lintas antara lain dengan melakukan buka tutup akses tol.

Dalam hal ini akan melibatkan Jasa Marga. Jasa Marga akan memberikan parameter terkait jumlah kendaraan yang boleh melintas di setiap jamnya. 

BACA JUGA:Legenda Sepak Bola Korea Mau Jadi Pelatih Timnas Vietnam, Sudah Ajukan Lamaran

Dengan demikian diharapkan pihak kepolisian dapat mengendalikan kemungkinan terjadinya kepadatan kendaraan di jalan tol.

Jenderal Aan juga memngungkapkan, bahwa akan ada ruas tol yang digunakan sebagai akses sementara yakni, tol Cimanggis dan Cibitung. 

Nah, bagaimana dengan jalur arteri?

Menurut Aan, pihaknya telah memetakan titik kemacetan mudik Lebaran 2024 di jalur arteri antara lain di daerah Gentong, Limbangan, hingga Tasikmalaya. 

Kemudian di jalur pantura, potensi kepadatan terjadi karena adanya pasar tumpah dan lintasan sebidang. 

"Namun sudah disiapkan beberapa skema yang akan dilaksanakan, mulai dari pengalihan arus, penutupan sementara pada saat puncak arus, juga ada contraflow maupun one-way sepenggal," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: