SMPIT Sabilul Huda Berbagi Kasih Tumbuhkan Karakter Juara

SMPIT Sabilul Huda Berbagi Kasih Tumbuhkan Karakter Juara

SMPIT Sabilul Huda menggelar kegiatan Ramadan diantaranya Mabit-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ramadhan 1445H adalah Ramadhan istimewa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang begitu dinanti oleh setiap insan, terutama insan yang mendamba pengampunan dan kemuliaan. Untuk itulah, SMPIT Sabilul Huda Selama Bulan Ramadhan 1445 Hijriah menggelar berbagai kegiatan, mulai dari pembagian tajil, Mabit (malam bina iman dan Taqwa), Buka Puasa bersama dan Sahur bersama.
 
Kepala SMPIT Sabilul Huda, Dewi Nurbaeti  BE menjelaskan, SMPIT Sabilul Huda sebagai  sekolah yang mengedepankan penumbuhan karakter baik, tidak ketinggalan memanfaatkan event Ramadhan ini sebagai saat untuk memperbaiki akhlak siswa-siswanya dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas pembiasaan-pembiasaan positif  di bulan Ramadhan. Selama Ramadhan, kata Dewi, Ada banyak kegiatan tambahan pembiasaan positif  yang dilakukan civitas akademika SMPIT Sabilul Huda di bulan Ramadahan.
 
Dewi membeberkan beragam kegiatan, mulai dari Kegiatan membaca Al Qur’an yang biasa masuk dalam jam pelajaran di hari-hari biasa, di bulan Ramadahan ini ditambah waktunya yaitu saat usai shalat dhuha dan usai shalat dzuhur berjamaah dengan tadarus bersama seluruh siswa. "Sehari kira-kira siswa-siswa tadarus 1 juz," ujar Dewi.

"Di bulan Ramadhan ini pun, beberapa siswa mengikuti munaqosyah Qur’an dan lulus, semoga ini menjadi penyemangat siswa untuk terus berinteraksi dengan Al Quran setiap harinya. Kegiatan lainnya, adalah Kajian Kilat,"kata Dewi.

BACA JUGA:Honda Ramadhan Exhibition 2024 Berakhir di Kota Cirebon

Tujuannya Untuk memperdalam pemahaman keislaman di kalangan  civitas akademika, dilakasanakan kajian kilat dari masalah akidah, ibadah, mu’malah dan hubungan internasional. "Kajian ini berlangsung selama 4 hari 26 - 28 Maret 2024.

Melalui Kajian akidah, menurut Dewi,  bertujuan agar semua civitas sekolah semakin yakin dengan akidah Islam dan menjalankan ‘amal sholeh berdasar ilmu.

Kajian hubungan Internasional menumbuhkan rasa persaudaran sesama muslim untuk saling bantu dan bekerja sama. Selain itu, juga ada kegiatan berbagi kasih denga sesama, Program rutin bulan Ramadhan SMPIT Sabilul Huda adalah tebar makanan/minuman di sore hari untuk orang berbuka puasa. Jika tahun-tahun sebelumnya hanya dilaksanakan di tiga titik setiap harinya, untuk tahun ini bertambah  satu titik lokasi menjadi empat titik per hari lokasi.

Makanan dan minuman ini pun hasil dari patungan  semua civitas akademik SMPIT Sabilul Huda guru, pegawai, siswa dan orang tua siswa serta bantuan dari YAUM, lembaga amil zakat yang selama ini bekerja sama dengan Sabilul Huda.

BACA JUGA:Jabat Sekda Jabar, Herman Suryatman Komitmen Bekerja Optimal

"Titik lokasi tebar berbagi Kasih di Jembatan Merah Talun 100 paket nasi dan 80 paket snack, jalan Pramuka Penggalang membagikan 100 paket nasi dan 97 paket snack, jalan sekitar Griya Caraka membagikan 100 paket nasi dan 101 paket snack dan terakhir keempat di jalan depan SMPIT SabilulHuda membagikan 187 paket nasi dan 114 paket snack," bebernya.
 
Untuk menambah rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara siswa dan guru, SMPIT Sabilul Huda menyelenggarakan berbuka dan sahur bersama. Siswa-siswa terlihat gembira sekali karena mereka medapatkan suasana berbuka dan sahur yang berberda, selain mereka bisa lebih saling mengenal sesama.

Kegiatan buka dan sahur ini bagian dari kegiatan malam bina iman dan takwa (Mabit), tujuannya Untuk mengasah dan meningkatkan spiritual civitas akademik SMPIT SH mulai dari  shalat isya dan terawih  bersama.

Dan sebelum sahur mereka diajak melakukan shalat tahajud, shalat hajat dan shalat tasbih. "Menghidupkan ibadah-ibadah sunnah sebagai wujud cinta kepada Rasulullah. Dan Rangkaian mabit ditutup dengan saling memaafkan dan foto bersama di lapangan SMPIT Sabilul Huda," pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:Soal Keberadaan Pramuka Dalam Kurikulum, Begini Penjelasan Kemendikbudristek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: