Hari Ini Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Cirebon, Ada Waktu Khusus Selayang Pandang Capaian Pembangunan

Hari Ini Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Cirebon, Ada Waktu Khusus Selayang Pandang Capaian Pembangunan

SUDAH SIAP: Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebon Asep Pamungkas SP memastikan semua Paripurna Istimewa Hari Jadi Ke-542 Kabupaten Cirebon digelar hari ini, 2 April 2024.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Hari ini, Selasa 2 April 2024, ada Paripurna Istimewa Hari Jadi Ke-542 Kabupaten Cirebon. Acara memang tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Yang membedakan, ada waktu khusus menyaksikan tayangan selayang pandang capaian pembangunan di Kabupaten Cirebon, terutama menjelang akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati.

Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebon Asep Pamungkas SP mengatakan sudah kedua kalinya perayaan Hari Jadi Kabupaten Cirebon di bulan Ramadan. Karena suasana Ramadan, maka pelaksanaan pun sore hari. Sebanyak 500 undangan sudah disebar.

Rapat paripurna istimewa akan dimulai pukul 16.00 WIB dan selesai sebelum adzan magrib berkumandang. Prediksinya 17.30 WIB sudah selesai. Sehingga bisa dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Sebab, Sekretariat DPRD sudah menyiapkan sajiannya," kata Asep saat ditemui di sela-sela gladi resik di ruang paripurna, kemarin.

Meski pihaknya menyiapkan makanan buka puasa, Asep mengatakan pilihannya tetap dikembalikan kepada mereka yang hadir. “Bagi yang mau (ikut buka puasa bersama), sudah kami sediakan. Tapi bagi yang kurang berkenan atau tidak sempat, kami tidak memaksa," terang Asep.

BACA JUGA:Belasan Sopir Bus di Cirebon Jalani Tes Urine Jelang Operasi Ketupat Lodaya, Ada Apa?

Menurutnya, untuk rangkaian acara hari di 2 April 2024 ini didahului apel oleh pemda pada pagi hari, diikuti dengan penandatanganan prasasti. “Acaranya memang serupa, tapi ada sedikit perubahan. Misalnya, apel hari jadi yang biasanya sore ini dipindahkan ke pagi hari di pemda," ungkapnya.

Masih kata Asep, 500 undangan yang disebar itu salah satunya Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. Lalu, jajaran Forkopimda dan perwakilan para kuwu. “Pak Pj Gubernur kita undang. Tapi sampai hari ini (kemarin) belum ada konfirmasi. Mudah-mudahan beliau bisa hadir. Kan dari Cirebon juga. Kalau untuk perwakilan kuwu, yang dekat-dekat saja," imbuhnya.

Asep menjelaskan, hari jadi pada tahun sekarang mengambil tema Cirebon Sun Kelangon. Yang dapat diartikan Cirebon Saya Rindu Berat. Dimaksudkan mengunggah kerinduan orang-orang Cirebon untuk membangun daerah.
Ada yang berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

Di tahun ini, masuk akhir masa jabatan Bupati-Wakil Bupati serta pimpinan dan anggota DPRD periode 2019-2024. Makanya, sebelum penutupan paripurna, ada waktu khusus untuk menyaksikan tayangan selayang pandang keberhasilan pembangunan selama 5 tahun terakhir.

BACA JUGA:Pramuka MTsN 2 Cirebon Berbagi Takjil

“Kebetulan momentumnya menjelang lengser. Bupati-Wakil Bupati, serta ketua dan anggota dewannya juga. Jadi, ada tayangan selayang pandang keberhasilan 5 tahun ke belakang. Biar bisa menyaksikan, awal menjabat seperti apa, dia khir masa jabatan juga seperti apa," tandasnya.

Sebagai informasi, susunan acara Hari Jadi Kabupaten Cirebon pada 2024 ini, meliputi Mapag Kanjeng Dalem. Kemudian masuk kantor DPRD, dilanjutkan dengan pengalungan bunga sebelum memasuki Ruang Abhimata Paripurna.

Kemudian, pembukaan. Ada pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Kidung Pangruat Jagat, pembukaan rapat paripurna. Setelah itu, pembacaan riwayat singkat hari jadidengan memakai bahasa Cirebon.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Cirebon, Sambutan Pj Gubernur Jawa Barat. Kemudian penampilan selayang pandang Cirebon berprestasi yang memperlihatkan keberhasilan Cirebon selama 2019-2024 masa bakti Drs H Imron MAg dan Hj Wahyu Tjiptaningsih serta Ketua DPRD HM Luthfi MSi. (sam/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: