Polresta Cirebon dan Polres Sekitar Bahas Kelancaran Arus Mudik dan Balik 2024

Polresta Cirebon dan Polres Sekitar Bahas Kelancaran Arus Mudik dan Balik 2024

Rakor dan Tactical Floor Game (TFG) pola penanganan arus mudik dan balik Lebaran dengan Polres sekitar di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Selasa 2 April 2024. -ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Polresta Cirebon melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dan Tactical Floor Game (TFG) pola penanganan arus mudik dan balik Lebaran dengan Polres sekitar di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Selasa 2 April 2024.

Diantaranya, Polres Cirebon Kota, Polres Indramayu, Polres Majalengka, Polres Kuningan dan Polres Brebes.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni SIK SH MH bersama Kapolres Brebes Polda Jawa Tengah AKBP Guntur Muhammad Tariq SIK dan dihadiri oleh Para Kabag Ops dan Kasat Lantas masing-masing Polres serta Perwira Pengendali dalam Operasi Ketupat 2024 Polresta Cirebon.

BACA JUGA:Tegas! Kwarda Pramuka Jabar Tolak Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024

BACA JUGA:Gelar Operasi Pekat Selama Ramadan, Polres Ciko Tangkap Pelaku Kejahatan Ini

BACA JUGA:Perkuat Lini Belakang Timnas Indonesia, Calvin Verdonk Sedang Menuju Jalan Naturalisasi

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni mengatakan, rapat koordinasi tersebut untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak terkait pengendalian arus kendaraan saat pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024.

Menurutnya, beberapa langkah dan cara bertindak dalam pengendalian arus kendaraan juga telah disepakati.

Langkah tersebut harus diterapkan lintas Kabupaten dan Provinsi sehingga bisa langsung diterapkan di titik rawan kepadatan arus lalu lintas.

BACA JUGA:Kapolri Minta Dihadirkan dalam Sidang PHPU Pilpres 2024, Tim Pembela Prabowo-Gibran: Kepala BIN Juga

BACA JUGA:Tidak Ada Cuti, DPRKP Kota Cirebon Siagakan Petugas Pertamanan dan Juru Pangkas Pohon

BACA JUGA:Hati-hati untuk Pemudik, BMKG Memprediksi Hujan Ringan Saat Periode Mudik 2024

"Kami menyepakati tidak hanya penanganan di jalur tol tapi jalur arteri juga. Sehingga dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi seperti saat menjelang penerapan one way karena membutuhkan waktu untuk pembersihan jalurnya," kata Kombes Pol Sumarni.

Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut juga banyak berdiskusi dengan perwakilan dari Polres sekitar terkait pengalihan dan persiapan di jalur arteri nasional.

Sehingga keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas betul-betul dirasakan pemudik yang melintasi wilayah Ciayumajakuning.

BACA JUGA:Klub Liga Eropa Senasib Persija Jakarta, Terkena Hukuman FIFA

BACA JUGA:Juara Ketemu Israel, Runner Up Bertemu Spanyol, Nasib Timnas Indonesia di Piala Asia U23

Pihaknya mengakui rapat koordinasi tersebut juga membahas pengalihan arus kendaraan pemudik berada dalam satu kendali sistem dan metode yang disepakati, terutama saat pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Termasuk antisipasi kepadatan arus kendaraan di jalur wisata menuju wilayah Kuningan. Sehingga saat terjadi kepadatan bisa segera diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan di jalur tersebut," ujar Kapolresta Cirebon. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase