Keluhan Penyakit Usai Libur Lebaran di Kota Cirebon, ISPA Mendominasi

Keluhan Penyakit Usai Libur Lebaran di Kota Cirebon, ISPA Mendominasi

Pasien yang sedang berobat di UPT Puskesmas Perumnas Utara-UPT Puskesmas Perumnas Utara-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan usai libur lebaran kali ini.

Jumlah penderita ISPA mendominasi jumlah keluhan pasien yang berobat di hari pertama dibukanya kembali layanan offline di UPT Puskesmas Perumnas Utara, hari ini (16/4).

Kepala UPT Puskesmas Perumnas Utara, dr H Junny Setyawati menuturkan di hari pertama dibukanya kembali layanan usai libur lebaran, beberapa keluhan penyakit dirasakan oleh pasien yang berobat.

Mulai dari ISPA, pilek, dan demam. Hal ini turut disebabkan oleh cuaca pancaroba.

BACA JUGA:GEGER! Didi Dilaporkan Hilang Ternyata Sudah Meninggal Dikubur di Lantai Rumahnya

"Cuaca yang berganti dari dingin kemudian panas seperti saat ini turut menyebabkan keluhan ini dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Gangguan pencernaan juga tak kalah banyak dirasakan oleh pasien usai libur lebaran. Keluhan ini juga biasanya dibarengi dengan mual hingga diare.

Hal ini biasa terjadi di momen libur lebaran, karena pada hari lebaran tak sedikit masyarakat yang mengonsumsi makanan berlemak, santan, dan sejenisnya.

Sehingga bisa menimbulkan keluhan gangguan pencernaan. "Deretan penyakit ini lebih banyak didominasi oleh orang dewasa," ujarnya.

BACA JUGA:Pelanggaran Indonesia Ditinjau VAR, Qatar Tidak, Ternyata Ini Alasannya

BACA JUGA:Statistik Pertandingan, Indonesia U23 Ungguli Qatar U23, Ini Angkanya

Di hari pertama pelayanan ini, UPT Puskesmas Perumnas Utara melayani sekitar 105 pasien. Pasien didominasi oleh usia dewasa, lansia, dan sedikit anak.

"Tak sedikit juga pasien dengan penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes yang berobat untuk meminta rujukan," ungkapnya.

Lanjutnya, meski libur lebaran kali ini cukup panjang sehingga layanan offline diliburkan, namun pihaknya tetap melayani pasien selama libur lebaran melalui konsultasi online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: