Selesai Lakukan Penggantian Isolator, PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik Saat Idul Fitri

Selesai Lakukan Penggantian Isolator, PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik Saat Idul Fitri

. Pekerjaan tersebut dilakukan pada tower nomor 20 SUTT 150 kV Mandirancan - Arjowinangun, tepat 2 (dua) hari menjelang hari raya.-ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melalui UPT Cirebon sukses menghadirkan listrik yang andal saat perayaan Idul Fitri 1445H, salah satunya melalui program penggantian isolator.

Pekerjaan tersebut dilakukan pada tower nomor 20 SUTT 150 kV Mandirancan - Arjowinangun, tepat 2 (dua) hari menjelang hari raya.

Manager UPT Cirebon, Yaya Supriman mengatakan, pekerjaan ini dilakukan dengan menerjunkan 8 personil regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sehingga pelanggan sama sekali tidak merasakan pemadaman listrik.

Regu PDKB merupakan salah satu tim andalan PLN yang diterjunkan untuk melakukan penanganan penggantian isolator tersebut, terutama di masa siaga Idul Fitri dimana listrik ke masyarakat tidak boleh padam sama sekali.

BACA JUGA:Reaksi 'Berlebihan' Pemain Qatar, Jadi Sorotan Media Asing

“Tim tersebut telah dilatih dan memiliki kompetensi khusus sehingga dapat melakukan kegiatan pemeliharaan seperti penggantian peralatan yang rusak atau perbaikan lainnya tanpa perlu memadamkan arus listrik. Sehingga, pelanggan dan masyarakat tetap dapat menikmati pasokan listrik walaupun sedang ada kegiataan pemeliharaan.

Kami berkomitmen selama masa libur hari raya Idul Fitri, PLN memastikan listrik tetap menyala 24 jam,” terang Yaya.
Isolator yang diganti tersebut merupakan isolator yang mengalami kerusakan karena berbagai kondisi diantaranya akibat sambaran petir, pecah maupun berkarat.

Pekerjaan yang betujuan untuk memastikan kelayakan fungsi isolator pada jaringan transmisi seluruhnya dilaksanakan secara cepat, tepat serta patuh K3 demi memastikan seluruh personel maupun instalasi dalam kondisi aman.

Sementara itu, General Manager PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT), Tejo Wihardiyono mengatakan, dalam masa siaga Idul Fitri yang berlangsung mulai dari 03Aapril hingga tanggal 19 April mendatang, PLN UIT JBT telah menyiagakan baik personel maupun peralatan selama 24 jam non-stop untuk menjaga pasokan listrik tetap andal.

BACA JUGA:Ini Dia Pelaku Pungli di Area Masjid Al-Jabbar Kota Bandung, Jenis Pelanggarannya Seperti Ini

“Lebih dari 2100 personil telah kami siagakan yang tersebar di 3 Provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka terdiri dari regu pemeliharaan, petugas Jaringan dan Gardu Induk, regu PDKB, serta petugas Line Walker yang memiliki fungsi dan peran masing-masing. PLN UIT JBT siap melakukan respon cepat terhadap kondisi sistem kelistrikan,” terang Tejo.(why/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: