Kota Cirebon Dikunjungi 50 Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran

Kota Cirebon Dikunjungi 50 Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran

Kota Cirebon Dikunjungi 50 Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran-Khoirul Anwarudin -radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kota Cirebon nampaknya masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit di wilayah Ciayumajakuning. Terbukti, selama masa libur lebaran, 11-15 April lalu, Kota Cirebon dikunjungi lebih dari 50 ribu wisatawan. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengungkapkan bahwa, tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon selama masa libur lebaran adalah sebanyak 50.749 orang. Jumlah itu meningkat dari realisasi kunjungan wisatawan pada tahun 2023 yang tercatat 31.395 wisatawan. 

“Jumlah itu jauh lebih tinggi dari realisasi kunjungan wisatawan pada tahun 2023 pada periode yang sama,” Kata Agus Sukmanjaya. 

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa dari hasil pendataan, destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi selama libur Lebaran adalah Wisata Bahari Kejawanan. Total kunjungannya mencapai 40.228 turis.

BACA JUGA: Wah! Kamera ETLE Rekam 1.416 Kendaraan yang Langgar Lalu Lintas selama Operasi Ketupat 2024

“Kemudian Cirebon Waterland yang dipadati sebanyak 3.562 wisatawan, serta Keraton Kasepuhan dengan total kedatangan turis untuk berlibur sekitar 3.126 orang,” lanjutnya. 

Destinasi wisata lain yang cukup juga menjadi favorit wisatawan adalah Goa Sunyaragi. Selama periode libur lebaran, tercatat ada 2.591 wisatawan yang berkunjung. Sementara di Keraton Kacirebonan jumlah kunjungannya sekitar 1.242 wisatawan. 

“Meningkatnya kunjungan wisatawan selama libur Lebaran kali ini menandakan kalau Kota Cirebon masih menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata di Jawa Barat,” katanya. 

Agus mengatakan puncak kedatangan wisatawan yang hendak berlibur ke Kota Cirebon terjadi pada H+1 Lebaran atau Kamis (11/4), yakni sebanyak 12.893 turis.

BACA JUGA: Ada 2 Tantangan Perempuan Parlemen, Bey Machmudin: Stunting dan Perlindungan Pekerja Migran

Setelahnya, kata dia, para wisatawan yang berasal dari luar daerah itu terpantau selalu menyambangi lima destinasi di Kota Cirebon untuk berekreasi bersama keluarga maupun melakukan aktivitas wisata lainnya.

Agus mengungkapkan bahwa sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Kota Cirebon dalam rangka menggenjot angka kunjungan wisatawan. 

“Pembenahan tata kelola destinasi dan promosi yang masif juga membantu menarik minat turis lokal untuk berwisata di Kota Cirebon,” ungkapnya. 

“Ini menjadi modal besar bagi kami, agar wisatawan tidak hanya datang sekali saja. Namun bisa sesing mungkin dikunjungi di Kota Cirebon,” Sambungnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: