14 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Penyumbang Pengangguran

14 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Penyumbang Pengangguran

Pj Walikota Drs Agus Mulyadi Msi saat memberi sambutan dalam acara wisuda sarjana Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Sabtu (27/4).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Lulusan perguruan tinggi khususnya di Kota Cirebon, 14 persennya menyumbang angka pengangguran terbuka di Kota Cirebon. hal ini dikatakan Pj Walikota Drs Agus Mulyadi Msi disela sela menghadiri wisuda sarjana Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Sabtu (27/4).

Menurut Pj Walikota, data yang ada PT itu menyumbang pengangguran terbuka sebesar 14 persen. Karenananya bagaimana caranya lulusan ini tidak menambah pengangguran tapi bisa terserap di dunia kerja, tentu saja tidak hanya bekerja informal  tapi juga formal.  

14 persen lulusan perguruan tinggi menjadi pengangguran terbuka,” terang Gus Mul.
Menurut Gus Mul, Pmerintah daerah Kota Cirebon telah menyusun arah pembangunan jangka panjang dan jangka menengah. Dari itu, Potensi yang ada termasuk arah pembangunan kemana,  dan itu menentukan sukses.

“Mereka bisa melihat tidak secar sempit, tapi juga lihat sekitarnya, kemana arah pembangunan itu mejadi bagian dari kesuksesan kita,” tandasnya.

BACA JUGA:1001 Mahasiswa UGJ Ikuti Prosesi Wisuda di Auditorium UGJ

Pihaknuajuga berpesan lulusan perguruan tinggi memiliki Kemampuan adaptasi atas kemampuan yang ada.  Maka drai itu agar lulusan perguruan tinggi diterima di dunia kerja , maka perlu Antara kurikulum pendidikan dengan kualifikasi atas pasar kerja yang dibutuhkan , karena selama ini Gap.

Sehingga lulusan PT tidak bisa langsung bekerja tapi ada pelatikhan, padahal dunia kerja butuh siap kerja. Maka faislitasi vokasi bisa dilakukan, di PTN ada diploma khusus vokasi. Itu kunci kesukses sebah perguruan tinggi ditemua dunia kerja.

“Ada Gap  antara kurukulm dengan kebutuhan pasar kerja, gap ini diisi oleh Vokasi sehingga bisa memperkecil  pengangguran,” pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:Jalan Braga Bandung Bakal Bebas Kendaraan untuk Daya Tarik Wisatawan, Warga Justru Tidak Setuju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: