Disbudpar Targetkan 4 Juta Kunjungan Wisatawan

Disbudpar Targetkan 4 Juta Kunjungan Wisatawan

Kunjungan Wisatawan ke Goa Sunyaragi-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon terus menambah destinasi wisata yang menonjolkan keunikan sejarah dan budaya lokal untuk menarik perhatian turis. Hal itu dilakukan guna menggenjot angka kunjungan wisatawan pada tahun 2024 ini.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan bahwa pada tahun ini ada sejumlah destinasi wisata baru yang bisa menjadi magnet kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon. Disbudpar sendiri menargetkan, pada tahun 2024 ini kunjungan wisatawan naik hingga 4 juta wisatawan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa destinasi baru itu antara lain melalui program revitalisasi dan pengaktifan kembali sejumlah cagar budaya, contohnya seperti Gedung British American Tobacco (BAT) yang diproyeksikan menjadi landmark khusus di Kota Cirebon.
 
Agus menjelaskan, bangunan bekas pabrik rokok putih itu nantinya disulap menjadi kawasan wisata heritage dengan daya tarik utama yakni nilai sejarah yang melekat pada gedung tersebut.

BACA JUGA:Jepang Juara Piala Asia U-23 2024 Usai Kalahkan Uzbekistan 1-0 di Laga Final
 
“Jadi tahun ini kami menonjolkan destinasi wisata perpaduan antara wisata budaya dan sejarah,” ujarnya.

Kemudian, tidak jauh dari Gedung BAT, kata Agus, pihaknya juga sedang menata kawasan Gedung Bundar di Taman Kebumen, Kota Cirebon, untuk dijadikan sebagai zona kreatif yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas publik. Di lokasi itu wisatawan dapat melakukan aktivitas rekreasi sederhana, seperti melihat keunikan gaya arsitektur bangunan pada zaman kolonial atau membeli beberapa produk kuliner di sekitar kawasan tersebut.
 
“Di dekat lokasi itu nantinya akan ada Kampung Wisata Kacirebonan dan Kampung Arab Panjunan yang bisa dikunjungi,” lanjutnya,
 
Agus mengaku optimistis bahwa target 4 juta kunjungan wisatawan itu bisa terealisasi. Mengingat pihaknya memang sedang konsen untuk memperbanyak objek wisata di Kota Cirebon.

BACA JUGA:Marak Game Online yang Mengandung Unsur Kekerasan, Kominfo Bakal Lakukan Tindakan Ini
 
Selain itu, bila dilihat dari sarana dan fasilitas saat ini di Kota Cirebon cukup menunjang untuk adanya aktivitas pariwisata dengan tingkat mobilitas tinggi. Ia mengatakan fasilitas itu terdiri dari restoran atau rumah makan, sampai hotel terbaik yang bisa digunakan turis untuk menginap.
 
“Kami juga yakin Cirebon menjadi sebuah kota yang ramah untuk penyelenggaraan konser-konser yang bertaraf internasional,” pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: