Champhionship Series Liga 1 Menggunakan VAR, Ini Penampakan Peralatan yang Diboyong

Champhionship Series Liga 1 Menggunakan VAR, Ini Penampakan Peralatan yang Diboyong

Championship Series yang mempertemukan Bali United vs Persib Bandung, bakal menggunakan bantuan VAR yang disimpan dalam kendaraan khusus. Mobil VAR ini sudah berada di beberapa venue pertandingan.-PT LIB-

RADARCIREBON.COM - Jadwal Championship Series Liga 1 2023/2024 mulai bergulir hari ini. Pertandingan pertama bakal mempertemukan Bali United vs Persib Bandung, Selasa 14 Mei 2024.

Selanjutnya, Madura United bakal menghadapi Borneo FC Samarinda pada hari Rabu, 15 Mei 2024.

Championship Series merupakan format baru yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk menentukan juara Liga 1 musim 2023/2024.

Pada babak Championship Series, empat tim penghuni posisi teratas di akhir regular series, bakal saling beradu untuk menentukan juara 1.

BACA JUGA:Persib Masuk Top 20 Klub ASEAN, Posisi Teratas Diperkuat Pemain Timnas Indonesia

Penghuni pertama di Liga 1, bakal bertemu dengan penghuni keempat. Sementara penghuni 2 bakal saling bertemu dengan penghuni tiga klasemen.

Sistem pertandingan Championship series, bakal menggunakan tandang kandang. Dengan begitu, kedua tim memiliki kesempatan dua kali bertanding untuk melaju ke babak final.

Selama helatan cahmpionship series hingga babak final, PT LIB bakal menggunakan teknologi video assistant referee (VAR).

Penerapan teknologi VAR, merupakan gagasan PSSI dan PT LIB yang sudah disosialisasikan kepada sejumlah klub peserta Liga 1.

Dengan adanya VAR, hasil pertandingan diharapkan bisa lebih baik. Keputusan kontroversi yang kerap terjadi di momen krusial, kemungkinan besar bisa diminimalisir.

Mengutip halaman PT LIB, teknologi VAR bakal ditempatkan dalam kendaraan khusus yang sudah dikirim ke beberapa venue pertandingan.

Komponen penting penerapan VAR telah dikirimkan ke 3 dari 4 kota yang akan menjadi homebase babak Championship Series, Jumat 10 Mei 2024.

Ketiga kota itu adalah Balikpapan, Bangkalan, dan Gianyar. Khusus untuk Bandung akan dikirimkan pekan depan karena jaraknya yang berdekatan dengan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: