Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat STIKU Kuningan Gelar Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat STIKU Kuningan Gelar Pengabdian Masyarakat

Kuningan (STIKU) menggelar program Gerakan Beras Murah (Bebaskan Remaja dari Anemia dengan mengkonsumsi tablet tambah darah) di SMP Kristen Terang Bangsa, kamis (16/5).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Sebagai upaya Pengabdian masyarakat, mahasiswa magister kesehatan masyarakat sekolah tinggi ilmu kesehatan Kuningan (STIKU)  menggelar program Gerakan Beras Murah  (Bebaskan Remaja dari Anemia dengan mengkonsumsi tablet tambah darah) di SMP Kristen Terang Bangsa, kamis (16/5).

Kepala SMP Kristen Terang Bangsa, I Made Bagus ACB SKom mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar Magister Kesehatan Masyarakat STIKU Kuningan melalui progan Beras Murah.

Melalui progam ini, Siswa putri kelas 7 dan 8 bisa melakukan pengecekan HB, dan  memilih makanan sehat. "Acara ini baru pertama kali pengabdian masyarakat, kalau kerjasama puskesmas tentang infomasi masyarakat melalui MPLS atau melalui literasi kelas 8 dan 9," ujarnya.

Jumlah siswa yang dilibatkan, kata I Made, sebanyak 25 siswa mulai kelas 7 dan 8. Harapan kami siswa paham dan mengerti tentang kesehatan.

BACA JUGA:Memaknai Hari Bumi Internasional, J Trust Bank Luncurkan Program Simpanan TORA Green Savings

Termasuk  Rutin mengkonsumsi tablet penambah darah khususnya perempuan, memilih makanan sehat. "Semoga siswa kami bisa lebih mengerti," harapnya.

Kepala Prodi Magister Kesehatan Masyarakat STIKU Kuningan, DR Hj Mamlukah SKM MKEs menjelaskan, pengabdian masyarakat oleh mahasiswa magister kesehatan masyarakat ini sebagai bentuj edukasi mahasiswa kami tentanh pencegahan anemia, khususnya siswa remaja Perempuan yang setiap bulan mengalami menstruasi, sedangkan menstruasi ini berpotensi remaja perempuan mengalami anemia.

Untuk itu, kata Mamlukah, remaja yang mengalami menstruasi perlu tablet penambah darah. Karena ketika sejak remaja mengalami anemia dan kurang diperhatikan, maka ketika dewasa dan hamil bayinya bisa terancam stunting. Jadi pencegahan stunting bisa dilakukan sejak usia  remaja dengan mencegah anemia. (abd)

BACA JUGA:RY Pria Asal Kecamatan Gempol Cirebon Ditangkap Polisi Gara-gara Togel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: