Kreatif, Pemuda Karang Taruna Singaraja Memproduksi Siruf Buah

Kreatif, Pemuda Karang Taruna Singaraja Memproduksi Siruf Buah

PRODUKSI SIRUP: Anggota Karang Taruna Singaraja Desa Japura Kidul Kecamatan Astanajapura tengah memproduksi sirup buah, belum lama ini.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Di tengah semangat untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pemuda desa, Karang Taruna Singaraja Desa Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura, telah memulai langkah yang menarik dengan memproduksi sirup buah berkualitas tinggi.

Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk memberdayakan pemuda desa, tetapi juga sebagai solusi terhadap maraknya konsumsi minuman kemasan di kalangan anak-anak.

Ketua Karang Taruna Singaraja, Akhmad Syathori menjelaskan, ide pengolahan sirup ini lahir dari keprihatinan akan perekonomian warga dan meningkatnya konsumsi minuman kemasan di kalangan anak-anak.  

“Kami melihat potensi besar dalam pembuatan sirup berbahan dasar buah-buahan, dan kebetulan salah satu anggota kami, Aris, memiliki keahlian dalam pembuatan sirup,” ungkap Syathori.  

BACA JUGA:Konsisten Sebagai Andalan Bisnis Sejati, Mitsubishi Fuso Pertahankan Posisi Market Share No.1di Kuartal 1 2024

Dalam upaya mengembangkan produk ini, mereka berencana untuk mengurus perizinan dan sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) serta label halal.

“Kami berharap dapat memasarkan produk ini secara luas, terutama kepada warga sekitar Japura, dan di masa depan, kami berharap dapat memproduksi secara masal setelah mendapatkan izin dan sertifikasi yang diperlukan," terangnya.

Selain produksi sirup, Karang Taruna Singaraja juga tengah fokus pada pengembangan urban farming, produksi media tanam, dan bioflok. Mereka berharap dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk mendukung pengembangan sektor pertanian dan perikanan.

Pembuat sirup, Aris Fatkhullah menjelaskan, sirup ini dibuat dari berbagai buah-buahan seperti mangga, stroberi, leci, vanilla, dan lainnya.

BACA JUGA:Oknum Pegawai KUA Dilaporkan ke Polres Kuningan, Ini Penyebabnya

“Meskipun proses pembuatan masih manual karena keterbatasan peralatan, kami berharap dapat meningkatkan proses produksi dengan menggunakan alat atau mesin khusus untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik,” ungkapnya.  

Mereka juga menyoroti pentingnya dukungan nyata dari pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi Karang Taruna.

Pihaknya berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan konkret dan program yang berkelanjutan untuk memperkuat peran Karang Taruna dalam pembangunan. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: