IAIN Syekh Nurjati Cirebon Resmi Jadi UIN Siber, Perguruan Tinggi Islam Berbasis Teknologi Informasi

IAIN Syekh Nurjati Cirebon Resmi Jadi UIN Siber, Perguruan Tinggi Islam Berbasis Teknologi Informasi

IAIN Cirebon kini resmi berubah menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.-Khoirul Anwarudin-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Perubahan nama dan kelembagaan ini, mengacu pada Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2024 yang telah ditandatangani Presiden RI, Ir Joko Widodo pada 21, Mei 2024.

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon merupakan inisiasi dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang sempat berkunjung ke Kota Cirebon, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan perubahan ini, Rektor UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani MAg menjelaskan, perubahan ini sudah dilaksanakan sejak 14, Desember 2021 dengan soft launching Program Studi Pendidikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam secara daring dan luring oleh menteri agama.

BACA JUGA:Suhendrik Kunjungi KH Habib Hasanain Jagasatru, Pembimbing saat Naik Haji

"UIN Siber adalah pilot project Kementerian Agama sesuai dengan Keputusan Menag RI nomor 860 tahun 2022," kata Prof Aan, melalui keterangan tertulis.

Diharapkan UIN Siber dapat menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Islam berbasis teknologi informasi.

"Ini upaya pemerintah melalui Kementerian Agama menjawab kebutuhan masyarakat yang terkendala mendapatkan akses pendidikan," jelasnya.

Tranformasi ini pun, sambung Prof Aan, untuk menjawab hasil pemetaan Pendis Kemenag tentang 86 persen guru madrasah yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan S1.

BACA JUGA:Hasil Musyawarah Besar Luar Biasa Ikatan Motor Honda Indramayu, Irfan Jadi Ketua Umum

Sehingga, kehadiran UIN Siber tersebut diharapkan dapat memenuhi kualifikasi dan kompetensi guru madrasah melalui pemenuhan kualifikasi pendidikan S1 yang berimplikasi bagi kesejahteraan guru.

“UIN Siber dapat menghadirkan model pendidikan kekinian yang modern dengan aspek knowledge, attitude, dan skill,” ujarnya.

Dijelaskan, Prof Aan, kehadiran Program Studi PJJ PAI menjadi fase awal penggunaan teknologi virtual pada  perkuliahan melalui Learning Management System (LMS), sekaligus memiliki efisiensi pembiayaan dan efektifitas proses pembelajaran.

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menjadi satu-satunya PTKN berbasis siber dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: