Mapala Ancalas IPB Cirebon Eksplore Gunung Ciremai

Mapala Ancalas IPB Cirebon Eksplore Gunung Ciremai

PENDAKIAN: Mapala Ancalas IPB Cirebon sukses melaksanakan pendakian wajib bersama bagi para anggota muda di Gunung Ciremai. -istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mapala Ancalas IPB Cirebon sukses melaksanakan pendakian wajib bersama bagi para anggota muda. Kali ini, pendakian dilakukan di Gunung Ciremai. Agenda ini sekaligus untuk memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 lalu.

Ketua Umum Mapala Ancalas IPB Cirebon Soni Setiawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi salah satu bagian dari pembelajaran agar mahasiswa pecinta alam IPB Cirebon bisa lebih peka terhadap lingkungan alam disekitarnya.

Ada 19 anggota yang ikut dalam pendakian. Di sana, mereka juga turut mengeksplor Gunung Ciremai dengan melakukan pengamatan terhadap flora dan fauna yang ada di gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.

“Di sana kami melakukan pencatatan terhadap flora dan fauna apa saja yg kami temukan ketika pendakian di Gunung Ciremai. Kemudian kami mencatat jenis tumbuhan apa yg bisa dikonsumsi. Ini bertujuan untuk melatih pengetahuan survival anggota muda Ancalas," kata Soni dalam keterangannya kepada Radar Cirebon, Selasa (4/6/2024).

BACA JUGA:Polda Jabar Diminta Periksa Ayah Eky, Hotman: Saya Bingung Kenapa Silence

Adapun tujuan utama dari dilaksanakannya pendakian wajib adalah untuk membangun rasa cinta terhadap kelestarian alam dan lingkungan. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk melatih  melatih fisik para anggota Mapala Ancalas supaya terbiasa dengan kondisi alam yang tidak bisa diprediksi.

“Alhamdulilah, selama pendakian suasana, berlangsung dengan lancar dan tidak ada kendala serius yg dialami. Walaupun cuaca kadang berkabut tapi semuanya masih bisa dijalani," ungkap mahasiswa Prodi PTIK tersebut.
Menurutnya, mendaki gunung bukanlah tugas yang mudah. Pasalnya, ketika melakukan pendakian, seseorang harus memiliki usaha yang keras dan kekompakan dalam tim.

Lebih lanjut Soni menyebutkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila memberikan inspirasi dalam pendakian wajib Mapala Ancalas IPB Cirebon.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi inspirasi bagi para anak muda untuk menjaga keharmonisan dan selalu menghormati perbedaan, serta tetap saling merangkul untuk memajukan bangsa menjadi bangsa yang cerdas dan maju.

BACA JUGA:Polda Jabar Periksa Wasnadi Otong Ayah Vina Cirebon Sebagai Saksi

“Harapan kami untuk anak muda saat ini di manapun itu dari sabang sampai merauke agar tidak melupakan jasa para pahlawan dan juga selalu bisa menerapkan nilai nilai pancasilais dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: