PDIP Punya Banyak Kader Mumpuni untuk Dampingi Imron di Pibup Cirebon

PDIP Punya Banyak Kader Mumpuni untuk Dampingi Imron di Pibup Cirebon

Ilustrasi PDIP Kabupaten Cirebon-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM- PDIP Kabupaten Cirebon bisa mengusung satu paket sendiri di Pilkada 27 November 2024. Itu karena PDIP adalah partai pemenang di Kabupaten Cirebon pada Pemilu lalu dengan 13 kursi parlemen. Karena itu, dorongan kader pun cukup kuat agar PDIP mengusung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati dari internal partai.

Wakil Ketua Ideologi dan Kaderisasi DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Ali Jahari, mengatakan bahwa PDIP tak kekurangan kader yang mumpuni untuk maju di Pilkada Serentak 2024. "Dengan kemenangan di pemilu kemarin, wajar jika PDIP bisa mengusung satu paket calon tanpa berkoalisi," ujar Ali Jahari kepada Radar Cirebon, Jumat 7 Juni 2024.

Menurutnya, sebagai partai pemenang yang mampu mengusung pasangan calon sendiri, diharapkan calon wakil bupati juga berasal dari kader internal. Beberapa nama yang dianggap pantas mengisi posisi ini antara lain Rudiana, Aan Setyawan, Sophi Zulfia, dan H Mustofa.

“Khusus Haji Mustofa, meskipun gagal melenggang ke legislatif pada Pemilu 2024, ketokohannya di Kabupaten Cirebon tidak diragukan lagi. Pengalaman dan dedikasinya di partai sangat layak dipertimbangkan," kata Ali.

BACA JUGA:Desa Prajawinangun Marak Pencurian, Warga Resah

Sebagai dasar pertimbangan, Mustofa adalah anggota DPRD empat periode berturut-turut sejak 2004, pernah menjabat Ketua Fraksi dan Ketua DPRD 2014-2019. Ia juga pernah menjadi Ketua PAC, Bendahara, Sekretaris, dan Ketua DPC.

“Sudah sewajarnya DPP mempertimbangkan beliau (Mustofa) terutama mengingat pesan Rakernas V yang menginstruksikan rekrutmen kader yang loyal dan bukan hanya kader musiman," ungkapnya.

Ya, Ali berharap siapapun yang diusung PDIP nanti adalah kader yang loyal dan dicintai masyarakat Kabupaten Cirebon sehingga dapat membawa daerah ini ke arah yang lebih baik lagi.

IMRON INGINNYA KOALISI
Sementara itu, rekomendasi DPP PDIP untuk calon Bupati Cirebon sudah diberikan untuk mantan Bupati Cirebon yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon Drs H Imron MAg.

BACA JUGA:Polisi Test Psikologi Pegi Setiawan. Kuasa Hukum:Urgentsinya Apa? Kami Keberatan

Imron juga mengaku sudah menerima rekomendasi dari DPP PDIP. “Iya surat rekomendasi DPP PDI Perjuangan untuk calon Bupati Cirebon adalah saya,” tegas Imron saat ditemui Radar Cirebon di kantor DPC PDIP Kabupaten Cirebon di Kecamatan Talun pada Rabu lalu, 5 Juni 2024.

Tokoh yang baru lengser dari kursi Bupati Cirebon pada 17 Mei 2024 itu mengaku sudah menugaskan semua anggota dewan dari PDIP untuk bergerak mencari figur bacawabup sesuai kriteria yang ditetapkan.

Bahkan, internalnya diminta untuk berkomunikasi dengan partai politik lainnya. Nama-nama bacawabup yang masuk, nantinya akan dikaji oleh tim. Setelah sejumlah nama bacawabup terjaring, DPC PDIP akan melakukan penjajakan dan hasilnya akan dilaporkan ke DPD PDIP dan DPP PDIP.

Adapun kriteria calon wakil bupati yang diinginkan, kata Imron, adalah sosok yang bisa diajak bekerjasama membangun Kabupaten Cirebon, bekerja dengan ikhlas, sehati, dan bisa diajak diskusi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: