Gara-gara Zulhas RPH Bandung Kebanjiran Order Potong Hewan Kurban

Gara-gara Zulhas RPH Bandung Kebanjiran Order Potong Hewan Kurban

Petugas di RPH Ciroyom Kota Bandung sedang memotong daging hewan kurban. Foto:-JPNN.com-

Gara-gara Zulhas RPH Bandung Kebanjiran Order Potong Hewan Kurban

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Gara-gara Zulhas, dua Rumah Potong Hewan alias RPH di Kota Bandung kebanjiran order potong hewan kurban.

Seperti dijelaskan oleh Kepala UPT RPH Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Endang Priyatna, bahwa jumlah hewan kurban yang dipotong di RPH milik Pemkot Bandung meningkat.

RPH milik Pemkot Bandung ada di Ciroyom dan Cirangrang. Pada Idul Adha tahun ini melayani pemotongan 281 ekor hewan kurban. Meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 221 ekor.

Peningkatan ini diduga lantaran ada kebijakan dari Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas yang melarang pemotongan hewan kurban di masjid.

BACA JUGA:Hewan Kurban Tak Bisa Masuk Gaza Gara-gara Israel, Warga Palestina Tak Bisa Merayakan Idul Adha

"Untuk hewan kurban yang dipotong di RPH ada kenaikan yaitu tahun 2023 sejumlah 221 ekor dua RPH, sekarang meningkat ada 281 ekor. Diprediksi oleh kami akan ada kenaikan sekitar tujuh persen dari hari H sampai hari tasyrik ke tiga," demikian dikatakan Endang seperti dilansir dari JPNN, Senin (17/6/2024). 

Menurut Endang, masyarakat lebih memilih melakukan pemotongan hewan kurban di RPH lantaran minimnya tukang jagal alias juru sembelih halal. 

Padahal, pemotongan hewan kurban harus sesuai dengan syariat karena bagian dari ritual keagamaan.

"Ada beberapa biasanya seseorang atau organisasi yang memotong di RPH biasanya dia tidak mempunyai juru sembelih halalnya, tidak ada tim untuk penyembelihan atau pengurusan hewan kurban, maka dia datang ke kami untuk membantu hal tersebut," ungkapnya. 

BACA JUGA:Ambulans Kecelakaan di Tol Palikanci Cirebon, Sopir Luka Berat

BACA JUGA:Olahan Daging Kurban Praktis Tapi Tetap Mengundang Selera

Tidak hanya itu, pemotongan hewan kurban di RPH juga lebih cepat. Untuk satu ekor sapi hanya butuh waktu 30 menit sudah sampai proses pembersihan daging. 

"Karena dikerjakan oleh orang yang sudah biasa, jadi Insya Allah kecepatan akan tercapai dengan rata-rata 30 menit sampai belah empat (daging kurban)," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: