Pj Wali Kota : Iduladha adalah Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

Pj Wali Kota : Iduladha adalah Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi salat Iduladha di Masjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pagi.-dedi haryadi-radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi salat Iduladha di Masjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pagi. Bersama dengan Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, forkopimda, serta sejumlah kepala perangkat daerah turut hadir dan berbaur bersama warga dalam menunaikan ibadah salat Iduladha.

Bertindak sebagai imam Ustad M Khaerudin, Penyuluh Agama Islam Kota Cirebon dan khatib KH Fathullah Rahman, Syuriah PCNU Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota mengatakan, Hari Raya Iduladha adalah hari besar kemanusiaan dan keimanan. Sebuah peristiwa yang menjadi awal syiar penyembelihan hewan kurban. Peristiwa yang menunjukkan besarnya pengorbanan dan ketinggian iman dari Nabi Ibrahim Alaihissalam, yang berdasarkan wahyu illahi, diperintahkan untuk menyembih anak, Ismail Alaihissalam.

“Momentum Iduladha ini harus dimanfaatkan untuk semakin meningkatkan semangat kemanusiaan di lingkungan kita masing-masing. Mari mengagungkan asma Allah melalui takbir dan tahmid sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat,” ujarnya.

BACA JUGA: Komentar Farhat Abbas Soal Pegi Setiawan dan Liga Akbar, Singgung Soal Kekhilafan Hakim

Pj Wali Kota juga mengajak kepada seluruh jamaah salat Iduladha yang hadir untuk mendoakan orang tua, saudara, kerabat, dan sahabat yang kini tengah menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. 

“Kita melakukan bersama-sama orang tua kita, saudara–saudara kita, kerabat, dan sahabat kita agar diberi kekuatan, pertolongan, dan dimudahkan dalam menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat serta menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Cirebon juga akan memiliki peringatan hajat Hari Jadi Cirebon Ke-597. Tahun ini adalah peringatan Hari Jadi Cirebon pertama dengan menggunakan Peraturan Daerah (Perda) terbaru yakni Perda Nomor 4 tahun 2024 tentang Hari Jadi Cirebon.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dirumuskan dan dilaksanakan dalam rangka menyambut momen tersebut. Kami berharap ini dapat menjadi ajang refleksi dan selebrasi yang bermakna bagi segenap masyarakat Kota Cirebon.

BACA JUGA: Farhat Abbas Laporkan Iptu Rudiana ke Polres Cirebon Kota Tepat di Hari Raya Idul Adha

“Perjalanan Kota Cirebon yang telah begitu lama diharapkan dapat kita lanjutkan dan mencetak sejarah-sejarah baru bagi perkembangan Kota Cirebon yang kita cintai,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Pj Wali Kota berharap setiap elemen masyarakat Kota Cirebon dapat bersatu dan bergotong royong dalam semnagat Cirebon Guyub yang menjadi tagline peringatan Hari Jadi Cirebon tahun ini.

“Sikap guyub adalah kekuatan kita. Kekuatan yang harus kita pertahankan untuk mewujudkan keinginan kita semua yang kita jadikan tema Hari Jadi Cirebon Ke-597, yaitu Kota Cirebon Mukti lan Mulya Selawase,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, H Moh Khuailid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Kota Cirebon atas segala dukungan dan sinergitas yang dilakukan, terutama dalam kegiatan keagamaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: