PPDB Tahap 1, Pendaftar SMAN 4 Cirebon Lebihi Kuota

PPDB Tahap 1, Pendaftar SMAN 4 Cirebon Lebihi Kuota

Calon siswa dan orang tua akhirnya hadir kembali ke sekolah keesokan harinya, Kamis (20/6/2024) kemarin. -KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akhirnya mengumumkan peserta yang lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2024 Tahap 1. Dari 3.378 calon peserta didik baru yang mendaftar di PPDB Tahap 1 di seluruh SMA Negeri di Kota Cirebon, 2.374 calon diantaranya diantaranya lolos, baik dari jalur Zonasi maupun jalur Afirmasi KETM.

Sebelumnya, pengumuman hasil PPDB Tahap 1 yang sedianya dilakukan pada Rabu (19/6/2024) pukul 14.00 WIB, molor hingga pukul 19.30 WIB. Sejumlah calon siswa dan orang tua yang sudah antusias menunggu pengumuman hingga datang ke sekolah, terpaksa harus menelan kekecewaan.

Sekertaris PPDB SMAN 4 Cirebon, Aesah MPd mengungkapkan bahwa beberapa orang tua siswa datang ke sekolah untuk menunggu pengumuman. Namun hingga waktu yang ditentukan, pengumuman oleh Disdik Provinsi Jawa Barat tak kunjung dilakukan.

"Memang sejumlah orang tua datang ke sini untuk melihat pengumuman hasil PPDB, mungkin mereka juga resah karena belum juga ditampilkan di websitenya. Tapi setelah itu kami sampaikan bahwa untuk pengumuman dilakukan serempak oleh Disdik Provinsi, " Kata Aesah kepada Radar Cirebon. Kamis (20/6/2024).

BACA JUGA:Bantah Tudingan Saka Tatal Soal Intimidasi Polisi Saat Penyidikan Pembunuhan Vina, Humas Polri Tunjukkan Ini

Calon siswa dan orang tua akhirnya hadir kembali ke sekolah keesokan harinya, Kamis (20/6/2024) kemarin. Mereka yang dinyatakan lolos, langsung melakukan pendaftaran ulang sekaligus mengambil surat tanda terima.

Di SMAN 4 Cirebon sendiri, kata Aesah calon siswa yang mendaftar melebihi kuota maksimal untuk jalur Zonasi dan jalur Afirmasi KETM. Sehingga ada sejumlah calon peserta didik yang dinyatakan tidak lolos.

"Untuk pendaftar di Tahap 1, sudah terpenuhi semua kuotanya. Untuk jalur Zonasi ada 216 siswa dan Afirmasi KETM ada 65 siswa, sehingga sisanya dilimpahkan ke pilihan kedua atau mungkin belum diterima," Katanya.

Untuk proses daftar ulang sendiri, berlangsung hingga Jumat (21/6/2024) hari ini. Peserta yang tidak mengambil surat tanda terima akan dinyatakan mengundurkan diri.

BACA JUGA:Empat Calon Absen Dalam Fit and Proper Tes Digelar Demokrat

Kendati begitu, kesempatan untuk bisa masuk ke sekolah pilihan masih bisa dilakukan di Tahap 2. Pada PPDB tahap 2 akan dibuka pada 24 Juni 2024 hingga 28 Juni 2024 mendatang.

Untuk PPDB jenjang SMA, jalur yang dibuka adalah Jalur Prestasi Rapor, Prestasi Kejuaraan, Perpindahan Orang Tua/Anak Guru dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Sementara PPDB jenjang SMK, jalur yang dibuka adalah Jalur Prestasi Rapor dan PDBK. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: