Anggaran BTT Banjir Terserap 100 Persen, Lima SKPD yang Memanfaatkan

Anggaran BTT Banjir Terserap 100 Persen, Lima SKPD yang Memanfaatkan

TERSERAP: Sekretaris BKAD Kabupaten Cirebon, Yuyun Wahyu Wardana menjelaskan terkait anggaran BTT bencana banjir, kemarin.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Anggaran Bantuan Tak Terduga (BTT) pemerintah Kabupaten Cirebon untuk penanganan bencana sudah terserap 100 persen. Sedikitnya ada lima SKPD yang memanfaatkan BTT di tahun 2024.

Kelima SKPD tersebut diantaranya, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR).

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cirebon Sri Wijayawati melalui Sekretarisnya, Yuyun Wahyu Wardana mengatakan, total BTT yang disiapkan oleh pemerintah daerah sebesar Rp25 miliar. Sementara BTT yang terpakai untuk penanggulangan bencana senilai Rp3.095.581.600.

Masing-masing rincian SKPD itu, kata Yuyun, Dinas Sosial Rp579.087.900, Dinas Kesehatan  Rp832.423.900, BPBD Rp966.780.000, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Rp58.695.000, dan DPUTR Rp658.594.800.

BACA JUGA:Saksi dan Keluarga Terpidana Kasus Vina Cirebon Dijanjikan Uang? Titin Bilang Begini

“Garapan DPUTR itu dalam penanggulangan bencana itu, diperuntukan penanggulangan longsoran jalan menuju jembatan Karangwuni Kecamatan Sedong. Sementara dinas kesehatan berkaitan dengan obat-obatan. Sedangkan dinas sosial, BPBD dan damkar saat penanggulangan banjir pasca kejadian,” terang Yuyun saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (20/6).

Menurutnya, penggunaan anggaran di masing-masing SKPD tersebut hasil review inspektorat dan serapannya, 100 persen terserap. 100 persen yang dimaksud itu dari setiap usulan SKPD. Artinya dari jumlah BTT Rp25 miliar yang disiapkan oleh Pemkab Cirebon, hanya terpakai RpRp3.095.581.600. “Jadi masih Rp21 miliar lebih alokasi BTT di tahun ini,” ungkapnya.

Yuyun menjelaskan, sisa anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk kegiatan lain ketika masuk di APBD perubahan. Namun, tidak semuanya. Sama seperti tahun sebelumnya di APBD perubahan, alokasi BTT menjadi Rp6 miliar. Itupun masih tersisa banyak.

“Kita sudah hitung, tahun kemarin, di perubahan hanya terpakai sekitar Rp200 juta lebih untuk penanggulangan bencana kekeringan. Artinya masih banyak tersisa. Meski demikian, kita anggaran BTT selalu kita siapkan setiap tahunnya,” pungkasnya. (sam)

BACA JUGA:IPB Cirebon Hadirkan Native Speaker dari Jepang dan Prancis

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: