Maksimalkan Performa Motor dengan Memilih Ban yang Tepat

Maksimalkan Performa Motor dengan Memilih Ban yang Tepat

Maksimalkan Performa Motor dengan Memilih Ban yang Tepat-DAM-RADAR CIREBON

BACA JUGA:Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun! Tanri Abeng, Mantan Menteri Pendayagunaan BUMN Meninggal Dunia

Ban diproduksi sesuai dengan tipe dan jenis sepeda motor, seperti ban untuk motor balap, motor cross, dan ban untuk sepeda motor yang digunakan sehari-hari.

Ketiganya dapat dibedakan secara kasat mata. Ban balap road race, misalnya, memiliki permukaan yang lebih halus tanpa kembangan dengan kompon yang lebih lunak.

Daya cengkram ban ini sangat bagus saat mencapai suhu ideal, namun lebih cepat aus dan sangat berisiko jika digunakan untuk sepeda motor harian.

Ban motor cross juga memiliki karakter yang unik karena dirancang untuk digunakan di area berpasir, berlumpur, dan kondisi ekstrem lainnya.

BACA JUGA:Besok Pegi Setiawan Sidang Pra Peradilan, Kuasa Hukum: Penyidik Tidak Punya Alat Bukti

Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, terdapat beragam pattern atau kembangan yang berfungsi untuk membelah dan membuang air saat melewati jalan basah.

Ban ini diproduksi untuk digunakan pada sepeda motor yang digunakan sehari-hari.

Penting untuk menyesuaikan ukuran ban. Ukuran ban sebaiknya menyesuaikan anjuran pabrikan sepeda motor yang terdapat di dalam Buku Pedoman Pemilik Sepeda Motor.

Jika ingin mengganti ban dengan ukuran yang berbeda, sesuaikanlah dengan batas toleransinya, karena jika ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, bisa membahayakan pengendara.

BACA JUGA:Pesan Kapolri ke Penyidik Kasus Pembunuhan Vina: Tangani Secara Tuntas, Profesional dan Transparan

"Penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai anjuran pabrikan bisa mempengaruhi performa, kenyamanan, dan kestabilan sepeda motor saat dikendarai," tuturnya.

Lanjutnya, mengganti ban memang bisa membuat tampilan sepeda motor jadi lebih keren.

Mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar membuat tampilan motor lebih kekar, sedangkan menggantinya dengan ukuran ban yang lebih kecil membuat sepeda motor terlihat lebih ramping.

Namun perlu diingat bahwa perubahan ukuran ban bisa berpengaruh pada performa, kenyamanan, dan kestabilan sepeda motor itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: