Format Piala AFF U16 2024, Hanya Juara Grup yang Berhak Lolos, Kans Indonesia?

Format Piala AFF U16 2024, Hanya Juara Grup yang Berhak Lolos, Kans Indonesia?

Timnas Indonesia U16 saat mengalahkan Filipina di Piala AFF U16 2024.-PSSI -

BACA JUGA:Cabut dari Belgia, Marselino Ferdinan Lanjutkan Karir di Liga Inggris

Di grup B, pertandingan baru berjalan satu putaran. Saat ini, Vietnam sebagai pimpinan klasemen dengan 3 poin.

Di bawah Vietnam, bercokol Kamboja dengan nilai sama yakni 3 poin. Pada pertandingan pertama, The Golden Star Warrior berhasil menang atas Myanmar 2-1.

Untuk grup C, tim yang difavoritkan keluar sebagai juara adalah Malaysia, Australia dan Thailand.

Hingga Selasa, 25 Juni 2024, pertandingan baru berjalan satu putaran, dimana Malaysia sebagai pemuncak klasemen dengan nilai 3 poin.

Posisi kedua dan ketiga diduduki Australia dan Thailand. Keduanya baru mengumpulkan 1 poin karena di pertandingan pertama, hasil kedua tim berakhir imbang dengan skor 1-1.

Kans Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF U16 2024 terbilang besar. Skuad Garuda Belia cukup menahan imbang Laos di pertandingan terakhir agar posisi puncak klasemen tetap dikuasi.

Meksi begitu, kemenangan dipastikan menjadi target I Putu Panji dan kawan-kawan agar tiket lolos bisa dipastikan dalam genggaman.

Apalagi Timnas Indonesia U16 bermain di kandang sendiri. Dukungan suporter dipastikan bakal bertambah di pertandingan penyisihan terakhir melawan Laos

Pad apertandingan kedua kemarin, Timnas Indonesia U16 meraih kemenangan telak atas Filipina di Stadion Manahan, Solo, Senin 24 Juni 2024.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Evandra Florasta menit 65' serta Mierza Firjatullah menit ke 70' dan 92'. 

Seusai laga, pelatih Indonesia, Nova Arianto bersyukur timnya kembali meraih kemenangan. Ia menyebut kemenangan ini didapat dengan tidak mudah. Apalagi Filipina menerapkan strategi bertahan dengan baik. 

"Sekali lagi saya bilang ini pertandingan yang tidak mudah. Tidak mudah buat kami, karena kita bisa melihat secara defense pemain-pemain dari Filipina membuat compact defend di lini di belakang," kata Nova Arianto.

Ditambahkan Nova, situasi tersebut sebenarnya sudah dipraktekkan saat latihan, tetapi namun begitu atan asuhnya dikaui mengalami kesulitan.

"Karena dengan situasi lawannya melakukan defense dengan compact di belakang. Pemain harus lebih kreatif untuk bisa keluar dari situasi itu," tutur Nova.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: