AKMI Suaka Bahari Cirebon Kini Punya Engine Room Simulator Didatangkan dari Polandia

AKMI Suaka Bahari Cirebon Kini Punya Engine Room Simulator Didatangkan dari Polandia

AKMI Suaka Bahari Cirebon Kini Punya Engine Room Simulator Didatangkan dari Polandia-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - AKMI Suaka Bahari Cirebon terus melakukan langkah strategis guna mewujudkan visi sebagai lembaga pendidikan kemaritiman bertaraf Nasional dan Internasional.

Salah satunya dengan pemenuhan fasilitas kuliah serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi, untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.

Terbaru, AKMI Suaka Bahari Cirebon melengkapi fasilitas kuliah yakni Engine Room Simulator. Engine Room Simulator adalah simulator kamar mesin kapal, dimana situasi, kondisi, dan alur kerja sesuai dengan di kamar mesin kapal, termasuk suara engine di engine room nya. Simulator ini akan digunakan oleh taruna jurusan Teknika, agar mereka siap untuk praktek dan kerja di kapal.

Alat Engine Room Simulator ini didatangkan dari UNITEST Marine Simulators, perusahaan yang bergerak di bidang Marine Training Software & Engine Room Simulator dan berpusat di Polandia.

BACA JUGA:Sinergi PLN dan Pemerintah Kabupaten Kendal dalam Pembangunan SUTT 150 kV Kendal Incomer

Direktur AKMI Suaka Bahari Cirebon, Asep Rahmat SH MM mengatakan bahwa kehadiran Engine Room Simulator ini melengkapi fasilitas yang sudah ada yakni Bridge Simulator. Alat yang baru ini akan lebih memberikan pemahaman kepada taruna Teknika dalam mengoperasionalkan permesinan di atas kapal.

"Jadi semua persyaratan tentang alat sudah kita miliki. Artinya, semua bisa diselenggarakan di kampus ini, mulai dari pendidikan, pelatihan, pembelajaran di kelas maupun di bidang peralatan kita sudah memiliki secara maksimal, " Ungkapnya kepada Radar Cirebon.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa untuk menunjang peralatan simulator tersebut, diperlukan SDM yang berkompetensi dan juga tersertifikasi. Oleh karena itu, pihaknya juga mengundang Instruktur UNITEST Marine Simulators, Tomasz Gellert dari Polandia untuk memberikan pelatihan langsung kepada para dosen AKMI Suaka Bahari Cirebon.

"Ada lima dosen Prodi Teknika yang ikut pelatihan. Dan sekarang mereka sudah dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat langsung dari UNITEST Marine Simulators," Ungkapnya.

BACA JUGA:Ada Fenomena Apa? Macan Tutul Turun Gunung Masuk ke Pemukiman Warga di Kuningan

Ia berharap dengan bertambahnya kelengkapan peralatan pembelajaran perkuliahan di AKMI Suaka Bahari Cirebon, dapat mencetak anak anak didik yang berkualitas,  berkompeten dan mampu bersaing di bidang kemaritiman.

"Dengan bertambahnya kelengkapan sarana dan prasarana di AKMI Suaka Bahari ini, kami berharap lahir taruna-taruni yang berkualitas dan berkompeten, sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, " Pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: