Aroma Sendja Festival Perluas Pemasaran Tembakau Jabar

Aroma Sendja Festival Perluas Pemasaran Tembakau Jabar

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Disbun Jabar) menggelar acara Aroma Sendja Festival 2024 untuk memperkenalkan tembakau hasil perkebunan di Jabar.-Disbun Jabar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Disbun Jabar) menggelar acara Aroma Sendja Festival 2024, dalam rangka memperkenalkan tembakau hasil Perkebunan di Jawa Barat, yang digelar selama 2 hari di Alun-alun Kabupaten Sumedang, Jumat-Sabtu, 19-20 Juli 2025.

Festival Aroma Sendja secara resmi dibuka Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Gandjar Yudniarsa mewakili Gubenur Jawa Barat.

Pada hari pertama ini diselenggarakan Launching dan Peresmian Korporasi Tembakau. Aroma Sendja Festival ini diikuti oleh lebih dari 50 petani, pelaku usaha di bidang hasil olahan komoditas tembakau di Jawa Barat dalam rangka mempromosikan dan memperluas pasar hasil tembakau di Jawa Barat.

Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Gandjar Yudniarsa didampingi Kepala Bidang PPUP, Priyo Adinugroho mengapresiasi penyelenggaraan Aroma Sendja Festival 2024.

BACA JUGA:Bojan Hodak Puji Borneo FC, Sesulit Apa Lawan yang Akan Dihadapi Persib di Matchday 2 Piala Presiden Ini?

“Semoga gelaran ini dapat memperluas jaringan pasar dan kerjasama para petani dan pelaku usaha tembakau, sehingga mampu mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan para petani dan pelaku usaha tembakau di Jawa Barat,” katanya. 

Data statistik Perkebunan Provinsi Jabar, Gandjar memaparkan, luas areal tembakau di Jabar tahun 2022 sebesar 9.525 hektare dengan total produksi 8.590 ton daun kering. Areal tembakau tersebar di beberapa wilayah.

“Antara lain, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Ciamis, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Subang dan Sumedang,” paparnya.

Hingga tahun 2023, Disbun Jabar telah melepas 14 varietas unggul lokal yang sudah dilepas berasal dari sejumlah kabupaten.

BACA JUGA:5 Orang Diamankan, Tawuran di 2 Lokasi Berbeda Berhasil Digagalkan Polresta Cirebon

"Majalengka 3 varietas, Garut 5 varietas, Bandung 3 varietas dan Sumedang 3 varietas. Varietas unggul lokal yang dibudidayakan di Sumedang, yaitu hanjuang, kenceh dan temangi,” terangnya.

Selain itu, Gandjar menambahkan, di Kabupaten Sumedang tepatnya di Tanjungsari, terdapat “Pasar Bako”, yang merupakan satu-satunya pasar khusus lelang tembakau di Indonesia dan kedua terbesar di dunia setelah Bremen-Jerman.

“Fakta ini menunjukkan, tembakau merupakan komoditas yang sangat potensial, serta memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat,” ungkapnya. 

Menurut Undang-Undang Nomor 39 Tahun 20007, tembakau termasuk jenis barang kena cukai adalah barang tertentu yang memilki sifat untuk dikonsumsi tetapi dapat menimbulkan efek negatif, sehingga pemerintah melalui Menteri Keuangan mengenakan wajib pajak terhadap komoditas tembakau yang disebut bea cukai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: