Dukung pemberdayaan masyarakat, Program PLN Peduli kembangkan Desa Wisata Cibuntu

Dukung pemberdayaan masyarakat, Program PLN Peduli kembangkan Desa Wisata Cibuntu

PT PLN UIP JBT memberikan bantuan untuk pengembangan Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan.-Istimewa -radarcirebon

KUNINGAN, RADARCIREBON COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan sejumlah bantuan untuk pengembangan Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan. Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata dan ekonomi desa.

Bantuan yang diberikan oleh PLN UIP JBT meliputi pembangunan gazebo, mushola, gapura, perbaikan sanggar balai desa, penyediaan peralatan untuk kelompok kesenian dan UMKM, pelatihan pemasaran digital, serta penambahan daya listrik. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata Desa Cibuntu serta memberdayakan masyarakat setempat.

Manajer PLN Unit Pelaksana Jawa Proyek Bagian Tengah 3, Nimrot Parlindungan P. Tambunan, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan masyarakat lokal.

“Kami sangat bangga dapat berkontribusi dalam pengembangan Desa Wisata Cibuntu. Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan pelestarian budaya lokal. Kami berharap dengan adanya fasilitas ini, Desa Cibuntu dapat menjadi destinasi wisata yang lebih menarik dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat,” ujar Nimrot.

BACA JUGA: Ono Surono Bertanya ke Warga; Siapa yang Setuju Pasangannya Ridwan Kamil?

Kepala Desa Cibuntu, Dadi Kurniadi, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan oleh PLN. 

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN atas bantuan yang sangat berarti ini dan kami yakin Desa Cibuntu akan semakin berkembang dan menarik lebih banyak wisatawan. Bantuan ini tidak hanya meningkatkan fasilitas desa, tetapi juga memberdayakan masyarakat melalui pelatihan dan penyediaan peralatan untuk kelompok kesenian dan UMKM, "kata Dadi.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Teja Pundi Kencana, Adang Sukanda, juga memberikan apresiasi atas dukungan PLN.

"Bantuan dari PLN ini sangat membantu dalam pengembangan Desa Wisata Cibuntu. Penambahan daya listrik sangat penting untuk mendukung operasional desa wisata. Pelatihan pemasaran digital juga memberikan pengetahuan baru bagi dalam mempromosikan desa secara online. Terima kasih PLN atas perhatian dan dukungannya," ungkap Adang .

BACA JUGA: Ribuan Warga Ikuti Jalan Sehat Jabar Bangkit Bersama Ono Surono

Bantuan ini merupakan bagian dari program TJSL PLN yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Program ini juga selaras dengan upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), khususnya TPB 1 yaitu mengakhiri kemiskinan, TPB 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta TPB 11 yaitu menjadikan kota dan organisasi manusia inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. 

Dengan adanya fasilitas yang lebih baik dan pelatihan yang memadai, Desa Wisata Cibuntu diharapkan dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal. PLN terus berkomitmen untuk menjalankan program TJSL yang bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan melalui berbagai program ini, PLN dapat turut berpartisipasi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: