Provinsi Dorong Industri Kecil Lebih Optimal

Provinsi Dorong Industri Kecil Lebih Optimal

Disperdagin Provinisi Jawa Barat adakan pertemuan dengan Disperdagin se-ciayumajakuning di Pendopo Bupati Cirebon, Kota Cirebon, Kamis (1/8/2024).-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Provinisi Jawa Barat adakan pertemuan dengan Disperdagin se-ciayumajakuning di Pendopo Bupati Cirebon, Kota Cirebon,  Kamis (1/8/2024). Pertemuan itu membahas terkait promosi industri dan perdagangan, agar lebih optimal lagi.

Kepala Disperdagin Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih mengatakan,  pertemuan tersebut untuk membahas promosi bersama. Terutama promosi industri kecil dari setiap Desa, di seluruh Kabupaten maupun Kota di Ciayumajakung. Dalam hal ini pemerintah mendukung agar industri kecil menjadi lebih besar lagi.

"Industri ini agar memiliki Akun Sistem Informasi Industri Nasional (Sinas). Dengan Akun Sinas, Industri ini akan memperoleh hak istimewa (previlage). Salah satunya adalah dapat sertifikat TKDN gratis," kata Noneng.

Katanya, dengan mempunyai sertifikat TKDN, nantinya industri kecil bisa masuk ke katalog, dan berjualan. Bahkan, menjadi mitra Pemerintah Daerah (Pemda). Dengan begitu, maka akan ada penyerapan di bidang tenaga kerja.

BACA JUGA:Daihatsu Hadirkan Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS

Disinggung soal industri yang ada di Kabupaten Cirebon. Menurut Noneng, industri di Kabupaten Cirebon cukup banyak, bukan hanya batik saja. Ada dari industri kayu, makanan, dan lainnya yang perlu dikembangkan. "Kabupaten Cirebon banyak, ada 70 lebih," terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya juga menyampaikan apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut.  Salah satunya agar daerah di wilayah Ciayumajakung mengelola dan mempromosikan industri maupun perdagangan secara bersama-sama.

Sementara salah satu pengembangan kawasan industri di Kabupaten Cirebon. Pj Bupati Cirebon akan menetapkan sentra industri di Kawasan Cirebon yang sudah terbentuk secara alami, untuk dikembangkan. Misalnya Produk Batik, Rotan, Olahan Makanan, dan lainnya.

"Kita akan mengembangkan produk yang sudah terbentuk secara alami dulu menjadi sebuah sentra yang ada disini. Karena kalau dibentuk yang baru, berdasarkan pengalaman itu tidak efektif," ujar Pj Bupati kepada Radar Cirebon. (cep)

BACA JUGA:Warga Datangi PN Cirebon Daftar Judicial Review, Begini Tanggapan Pj Walikota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: