Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Kota Cirebon Gelar Soft Launching E-Monev

Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Kota Cirebon Gelar Soft Launching E-Monev

Komisi Informasi, DKIS dan Pj Sekda Kota Cirebon melakukan soft launching E-Monev.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Aplikasi E-Monev Komisi Informasi Kota Cirebon secara resmi di-soft launching-kan oleh Penjabat (Pj) Sekda.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, serta Komisioner Komisi Informasi Kota Cirebon.

Peluncuran ini sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah dalam merealisasikan Keterbukaan Informasi Publik di Kota Cirebon, Jumat 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:Hasil Manis di Laga Perdana Liga 1 2024-2025, Persib Bandung Menang 4-1 Atas PSPB Biak

BACA JUGA:KPM BBC Lakukan Edukasi kepada Masyarakat Terkait Pentingnya Menjaganya Lingkungan

Dalam kesempatan tersebut , Pj Sekda Kota Cirebon M Arif Kurniawan ST menyampaikan apresiasinya terhadap Komisi Informasi Kota Cirebon dan DKIS yang telah merealisasikan poin penting Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam undang-undang tersebut memberikan landasan hukum yang kokoh terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik. 

"Setiap Badan Publik memiliki kewajiban untuk menyediakan, memberikan, dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya serta melayani permohonan informasi publik dan hal ini harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku yakni UU KIP dan Peraturan Komisi Informasi," ujarnya.

BACA JUGA:Nasabah bank bjb Memenangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah pada Undian Simpeda

BACA JUGA:Kajian Kapasda Selesai, CDOB Cirebon Timur Tinggal Dua Langkah Lagi, FCTM Grudug Gedung Sate Pekan Depan

E-Monev Komisi Informasi Kota Cirebon (KI-MONEV) ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa kewajiban tersebut dapat dipenuhi secara efektif. 

Sistem ini akan memungkinkan pemantauan dan evaluasi yang lebih baik terhadap keterbukaan informasi berbagai badan public di Kota Cirebon. 

"Kota Cirebon yang sudah mendapatkan predikat sebagai Kota Informatif ini harus kita pertahankan dan salah satu caranya dengan melakukan Monev secara berkala di setiap SKPD dan Badan Publik Lainnya," Imbuhnya

Sementara itu menurut Komisioner Komisi Informasi Kota Cirebon, Ekky Bachtiar menjelaskan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik merupakan momentum transformasi layanan informasi publik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase