Gemarikan di Keraton Kasepuhan Cirebon, Upaya Meningkatan Kesahatan Masyarakat

Gemarikan di Keraton Kasepuhan Cirebon, Upaya Meningkatan Kesahatan Masyarakat

Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menghadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang digelar di Keraton Kasepuhan pada Minggu (11/8/2024). -istimewa-Radarcirebon.com

Pj Wali Kota berharap agar kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat dan mendorong mereka untuk lebih menyukai konsumsi ikan.

BACA JUGA:13 Orang Diamankan Tim Macan Kumbang, Tawuran di Lemahabang Cirebon Berhasil Digagalkan

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan diharapkan dapat menjadikan kegiatan ini sebagai referensi untuk lebih aktif dalam sosialisasi dan diversifikasi produk olahan ikan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Budi Sulistiyo, menjelaskan bahwa peningkatan asupan protein dari ikan sangat penting untuk mewujudkan generasi emas.

Budi menilai, produk perikanan mampu mendongrak angka asupan protein nasional yang saat ini rata-ratanya 62,3 gram per kapita per hari.

“Ikan juga kaya akan lemak sehat, omega 3, vitamin, dan nutrisi lainnya,” ujarnya. 

Tak hanya itu, lanjut Budi, konsumsi protein ikan juga berdampak positif pada ekonomi lokal. Budi menjelaskan, dii Jawa Barat, terdapat sekitar 13,2 juta rumah tangga.

Jika setiap rumah tangga mengalokasikan Rp150 ribu per bulan untuk membeli ikan, maka sirkulasi uang di masyarakat dapat mencapai sekitar Rp12 triliun. 

“Hal ini yang akan merangsang ekonomi lokal dan mendukung kesejahteraan nelayan,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: