Bebersih Petilasan, Pelukis Spiritual Melukis Petilasan Sultan Matangaji

Bebersih Petilasan,  Pelukis Spiritual Melukis Petilasan Sultan Matangaji

Surya Suryawan pelukis spiritual melukis ghoib suasana petilasan Sultan Matangaji kala itu.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Sebagai upaya pelestarian jejak para leluhur Cirebon, beberapa unsur pemerintahan tingkat Kecamatan Kesambi, TNI. Polri bersama warga melakukan aksi bersih-bersih di area petilasan Sultan Sepuh Kasultanan Cirebon ke 5 yakni Sultan Muhammad Sofiudin atau  Matangaji.

Petilasan Sultan Matangaji tersebut berada di Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Situs Sultan Matangaji ini sempat dibongkar dan dirusak oleh pengembang perumahan.

Dalam aksi bersih-bersih tersebut juga menghadirkan seniman, pelukis spiritual yang juga pemerhati budaya Cirebon yakni Surya Suryawan.

Abdullah Amin selaku panitia kegiatan tersebut kepada radarcirebon.com mengatakan, gerakan aksi bersih-bersih tersebut menjadi bagian dari momentum kemerdekaan dan mengajak semua lapisan menghargai para leluhur.

BACA JUGA:Muncul Duet Bamunas - Andru, Bakal Diusung Koalisi Cirebon Guyub?

"Dengan membersihkan tempat petilasan ini diharapkan ke depan ada perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat untuk bisa lebih peduli terhadap pelestarian situs maupun petilasan yang ada di Kota Cirebon,"katanya.

Dijelaskan Dia, di area Kali Mlangse ini memiliki sumber air yang bersih dan tak pernah kering meski kemarau.

"Ke depan, dengan langkah awal membersihkan area petilasan ini akan dilanjutkan dengan pembenahan agar bisa lebih menarik untuk di kunjungi wisatawan,"pungkasnya. (rdh)

BACA JUGA:Sambut HUT RI dengan Rekor MURI, Nippon Paint Indonesia Warnai 5.124 Kapal Nelayan Se- Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: