Yoga di Ruang Bersalin Banyak Manfaatnya, Bikin Persalinan Makin Lancar

Yoga di Ruang Bersalin Banyak Manfaatnya, Bikin Persalinan Makin Lancar

Dosen Program Studi D III Kebidanan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dalam bentuk Workshop Yoga di Ruang Bersalin, beberapa waktu lalu bertempat di Puskesmas PONED Sitopeng Kota Cirebon.-Dosen Program Studi D III Kebidanan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya-RADAR CIREBON

Nantinya dapat membantu proses penurunan kepala janin dan persalinan dapat berjalan dengan lancar serta ibu dan bayi sehat.

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari bidan Puskesmas PONED Sitopeng sebanyak 15 orang Bidan.

BACA JUGA:Teratas di Industri Keuangan,BRI Jadi Bank Terbesar Versi Fortune Indonesia 100 dan Fortune Southeast Asia 500

"Pada pelaksanaan kegiatan ini, kami turut melibatkan mahasiswa baik dalam tahap persiapan maupun pelaksanaan," tuturnya.

Lanjutnya, rangkaian kegiatan diawali dengan pengisian pre test untuk menggali sejauh mana pemahaman peserta terkait persalinan dan yoga.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Elit Pebryatie SST M Keb PhD mengenai konsep dasar persalinan dalam rangka merefresh kembali pemahaaman peserta terakit fisiologi persalinan dan bagaimana peran bidan sebagai pemberi asuhan di setiap fase proses persalinan.

Materi praktik gerakan yoga yang dapat dilakukan di ruang bersalin juga disampaikan oleh  Bdn Endang Nurrochmi S SiT MKM.

"Saya juga turut berkesempatan memberikan materi mengenai praktik yoga di ruang bersalin," ungkapnya.  

Evaluasi terhadap kegiatan dilaksanakan melalui post test dan penilaian peserta mengenai ketrampilan praktik yoga yang diterapkan di ruang bersalin melalui lembar observasi oleh tim Pengabdi.

Hasil evaluasi melalui tes diperoleh peningkatakan pengetahuan dan peserta dapat mempraktikkan gerakan yoga yang diajarkan.

Kegiatan ini terasa manfaatnya bagi pesreta sebagai tambahan bekal ilmu dalam memberikan asuhan persalinan.

Serta memberdayakan pasien dan pendamping persalinan baik suami atau keluarga untuk terlibat aktif menciptakan lingkungan positif dalam proses persalinan sebagai salah satu peristiwa sakral dalam kehidupan seorang perempuan. (apr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: