Implementasikan Panel Surya, SMPN 7 Cirebon Pangkas 25 Persen Kebutuhan Listrik Bulanan

Implementasikan Panel Surya, SMPN 7 Cirebon Pangkas 25 Persen Kebutuhan Listrik Bulanan

Ketua Tim Monitoring Adiwiyata SMPN 7 Kota Cirebon, Dewi Yoni Setyorini tunjukan panel surya pemberian Pertamina Hulu Energi ONWJ pada program Sekolah Energi Berdikari -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Dengan penghematan energi ini menurutnya salah satu tujuan dari penggunaan panel surya telah tercapai.

Pada hakikatnya penghematan energi bertujuan untuk memanfaatkan limbah atau energi lain agar lebih bermanfaat dan menghemat pengeluaran.

Dari sini, terbentuklah sebuah karakter generasi muda cinta lingkungan di masa yang akan datang dan mewujudkan Net Zero Emissions dengan Energi Hijau Terbarukan di masa yang akan datang.

"Perlahan kami melihat anak-anak semakin mandiri, terbiasa untuk menghemat penggunaan listrik dan air bersih. Mematikannya jika tidak digunakan, ketika sudah terbiasa maka ini akan menjadi habbit hingga dewasa nanti," paparnya. 

Di tahun 2024 ini, SMPN 7 Kota Cirebon pun berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri dan memiliki 8 sekolah imbas.

Sekolah imbas merupakan sekolah yang mendapatkan pembinaan dari SMPN 7 Kota Cirebon untuk menjadi sekolah Adiwiyata.

BACA JUGA:Spanduk Adili dan Tangkap Mantan Gubernur Riau Syamsuar Bertebaran di Provinsi Riau

Beberapa sekolah tersebut diantaranya SDN Ciremai Giri, SDN Kalijaga, SDN Taman Kalijaga, SD CIS, SDN Sukasari, SDN Sukapura, SDN Bima Kota Cirebon, dan SMPN 4 Kota Cirebon.

"Mereka kini berhasil menjadi sekolah adiwiyata baik di tingkat kota, provinsi, maupun dalam proses menuju tingkat nasional," jelasnya.

Lanjutnya, menjadi sebuah kebanggaan pula, dengan hadirnya panel surya di sekolah, para siswa kini semakin banyak berinovasi dan menhadirkan beragam karya yang menakjubkan.

Secara rutin pihaknya menggelar pameran prakarya anak. Tak jarang beberapa karya tersebut pun turut diapresiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon dan memiliki nilai materi lebih.

BACA JUGA:Ketua Umum Kopri PB PMII 2024-2027 Terpilih Adalah Wulansari Aliyatul Solikhah

"Karya mereka semakin inovatif, tak jarang banyak yang terinspirasi juga dari cata kerja panel surya yang dapat mereka lihat langsung di sekolah," tukasnya. 

Sementara itu, sebelumnya pada penyerahan CSR panel surya untuk SMPN 7 Kota Cirebon, Manager CSR PT Pertamina (Persero), Dian Hapsari Firasati mengatakan bantuan panel surya merupakan bagian dari program Sekolah Energi Berdikari (SEB).

Progran SEB merupakan pengembangan dari program Desa Energi Berdikari (DEB) yang selama ini telah dijalankan Pertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase