Pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon 2023-2028 Resmi Dilantik, Felicia Tendi: Perluas Kerja Sama

Pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon 2023-2028 Resmi Dilantik, Felicia Tendi: Perluas Kerja Sama

Pelantikan pengurus baru DPC Gerkatin Kota Cirebon Periode 2023-2028, Sabtu 24 Agustus 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Kota Cirebon Periode 2023-2028 resmi dilantik, Sabtu 24 Agustus 2024.

DPC Gerkatin Kota Cirebon kini dijabat oleh Felicia Tendi. Pengurus baru DPC Gerkatin Kota Cirebon dilantik langsung oleh Rosmayadi selaku Ketua DPD Gerkatin Jawa Barat, disaksikan Prasetyo Hari selaku Kepala UPT Liposos Dinas Sosial Kota Cirebon, Dita Hudayani selaku Ketua Yayasan Pancaran Kasih Kota Cirebon, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

"Pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon yang baru dilantik ini membawa harapan baru bagi teman-teman penyandang tuna rungu di Kota Cirebon untuk menuju kesetaraan di setiap bidang dalam kehidupan di masyarakat," ungkap Rosmayadi selaku Ketua DPD Gerkatin Jawa Barat ditemui radarcirebon.com melalui penerjemah bahasa isyarat usai pelantikan.

BACA JUGA:Draf PKPU Syarat Pencalonan Kepala Daerah dan Wakilnya di Pilkada 2024 Diduga Bocor, Berikut Ulasannya..

BACA JUGA:Safiq Ahmad Riadi, Aktivis Muda Cirebon Timur Siap Jadi Influencer Usaha Budidaya Udang

Dikatakan dia, pengurus baru PSC Gerkatin Kota Cirebon sangat bersemangat dan luar biasa.

"Dulu pernah ada, sudah lama sekali dan bekerja sendiri, tidak ada yang membantu. Sekarang, di era kepengurusan yang baru ini DPC Gerkatin Kota Cirebon luar biasa, mereka bisa bersinergi dengan berbagai pihak seperti dengan Pemerintah Kota Cirebon atau Instansi lainnya," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerkatin Kota Cirebon periode 2023-2028, Felicia Tendi melalui penerjemah bahasa isyarat menuturkan, sejauh ini pihaknya akan terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Saat ini sudah ada dengan beberapa instansi pemerintahan. Salah satu kerja sama yang dibangun adalah edukasi tentang bahasa isyarat bagi teman dengar (normal) dan membuka kesempatan bekerja bagi teman tuli."

"Kerja sama ini akan terus diperluas, kami mohon doa dan dukungannya dari semua teman dengar (normal)," tuturnya.

BACA JUGA:Jaga Kerukunan Antarwarga, Puncak Peringatan HUT ke-79 RI di RT 01 RW 12 GSP Gelar Acara Ini..

BACA JUGA:WJF 2024: Bey Machmudin Beri Wejangan Khusus pada 37 Pengantin di Ajang Nikah Massal

Felecia pun mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Pancaran Kasih Kota Cirebon yang terus mendukung DPC Gerkatin Kota Cirebon.

Masih di tempat yang sama, Ketua Yayasan Pancaran Kasih Kota Cirebon Dita Hudayani  mengatakan, kerjasama berbagai pihak mutlak dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya menuju kesetaraan di setiap bidang bagi teman tuli.

"Namun yang utama dan yang terpenting adalah dukungan nyata dari orang tua, keluarga sebagai lingkungan terdekat teman tuli.”

“Teman tuli tanpa dukungan keluarga, akan sangat sulit untuk belajar dan mengakses informasi seperti teman dengar," katanya.

BACA JUGA:Belajar Soal Ban, Santa Fe Owners Community Indonesia Sambangi Pabrik Goodyear

BACA JUGA:Pembunuhan di Kasugengan Kidul Cirebon, Diduga Masalah Keluarga, Ayah Tewas di Tangan Anak Kandung

Menurut Dita, hingga saat ini teman tuli masih mendapat diskriminasi atau aksi bullying.

"Yang banyak dirasakan teman-teman penyandang penyandang tuna rungu ini kerap mengalami diskriminasi, ketidakadilan, hingga keterbatasan dalam berekspresi, mendapatkan akses informasi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.”

“Mereka itu sama dengan kita yang normal. Kalau diberi kesempatan belajar dan mengakses informasi yang sama, mereka juga bisa bersaing dan menunjukan kemampuannya yang lebih handal dari orang normal,"ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala UPT Liposos Dinas Sosial Kota Cirebon Prasetyo Hari menyebutkan, Pemerintah Kota Cirebon dalam hal ini Dinsos siap bersinergi untuk mendukung DPC Gertakin Kota Cirebon.

"Pemerintah ikut hadir dan mendukung sehingga apa yang dicita-citakan oleh DPC Gerkatin Kota Cirebon untuk teman-teman tuli bisa tercapai," sebutnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase