Pj Wali Kota Lepas Pawai Ta’aruf MTQ ke-56 Tingkat Kota Cirebon

Pj Wali Kota Lepas Pawai Ta’aruf MTQ ke-56 Tingkat Kota Cirebon

Pj Wali Kota Lepas Pawai Ta’aruf MTQ ke-56 Tingkat Kota Cirebon-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, secara resmi melepas Pawai Ta’aruf dalam rangka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-56 tahun 2024 tingkat Kota Cirebon yang berlangsung di Alun-alun Kebumen, Rabu (28/8/2024). Acara ini turut dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, serta sejumlah kepala perangkat daerah Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menekankan pentingnya acara ini sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi antar kafilah serta menampilkan berbagai kreasi yang mencerminkan khazanah budaya dan Islam.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap silaturahmi antar kafilah dapat terjalin seraya saling menampilkan beragam kreasi yang menarik, sehingga khazanah budaya dan Islam dapat terefleksi dengan baik," ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa MTQ merupakan bagian dari program pembangunan bidang agama yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon: Perjuangan Para Terpidana Berlanjut, Kini Lengkap dengan Sudirman

"Setiap rangkaian kegiatan MTQ tidak boleh dipandang sebagai seremoni belaka, tetapi harus dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, serta sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin," tambahnya.

Pj Wali Kota juga mengimbau kepada seluruh peserta Pawai Ta’aruf untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan acara. "Atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon, saya berharap kepada seluruh peserta untuk dapat tetap menjaga motivasi dan semangat dalam pelaksanaan kegiatan ini," ungkapnya.

Selain itu, Pj Wali Kota menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ini merupakan sebuah ikhtiar dalam syiar Alquran. "Semoga semangat yang dimulai dari Alun-alun Kebumen sebagai titik nol menuju Keraton Kacirebonan sebagai simbol peradaban dan budaya, terus terjaga," katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Cirebon, Drs Sutikno SAp MSi, menjelaskan bahwa melalui MTQ, syiar Islam dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, sekaligus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Saka Tatal Sekarang Lebih Matang, Simak Nih Jawabannya saat Menanggapi Pertanyaan Wartawan

"Ini sebagai upaya kita untuk memperkenalkan MTQ kepada khalayak, memberikan informasi serta syiar Islam sebagai wujud meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," ujarnya.

Pawai Ta’aruf ini menempuh rute dari Alun-alun Kebumen, Jalan Merdeka, Jalan Pulasaren, dan berakhir di Keraton Kacirebonan. Seluruh lima kecamatan di Kota Cirebon mengirimkan kafilahnya, turut diramaikan oleh siswa-siswi madrasah aliyah negeri, tokoh agama, guru ngaji, pramuka, paskibra, drumband, TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dewan Masjid Indonesia, serta perangkat daerah lainnya, dengan total keseluruhan peserta mencapai 1.157 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: