Pimpinan DPRD Kota Cirebon Resmi Dilantik

Pimpinan DPRD Kota Cirebon Resmi Dilantik

SK GUBERNUR: Pimpinan DPRD menerima salinan SK Gubernur perihal pengesahan pengangkatannya.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pimpinan DPRD Kota Cirebon periode 2024-2029 resmi bertugas setelah prosesi pengucapan sumpah dan janji jabatan yang berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Kota Cirebon pada Selasa sore (24/9).

Pelantikan ini dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cirebon dan disaksikan oleh Pj Walikota, Forkopimda, perangkat daerah, seluruh anggota DPRD, serta tamu undangan lainnya.

Setelah resmi bertugas, pimpinan DPRD definitif yang terdiri dari Andrie Sulistio SE sebagai Ketua DPRD, serta Harry Saputra Gani SH dan Fitrah Malik SH sebagai Wakil Ketua DPRD, segera mulai melaksanakan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

Andrie Sulistio menjelaskan bahwa mereka akan segera menjalankan beberapa tugas, termasuk memandu penyusunan Tata Tertib DPRD dan pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

BACA JUGA:Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Cirebon, Prabowo Subianto Batal Hadir, Diwakili Wiranto

"Setelah ini, kami bisa menerima usulan Raperda dari eksekutif, seperti Raperda RAPBD-P. Untuk AKD, segera kita bentuk, karena ada beberapa tugas mendesak, seperti membahas RAPBD-P 2024 oleh Badan Anggaran (Banggar)," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD dan Sekretariat yang telah mendukung dan memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif.

Selanjutnya, ia mengapresiasi Pj Walikota Cirebon dan jajarannya yang telah sigap dan responsif dalam memproses usulan penetapan pimpinan DPRD definitif kepada Gubernur Jawa Barat.

Ke depan, Andrie berharap agar seluruh jajaran Pemerintah Kota Cirebon dapat terus menjalin sinergi dan kerja sama yang baik dalam menjalankan roda pemerintahan, serta bersinergi dengan Forkopimda untuk menciptakan suasana kewilayahan yang kondusif.

BACA JUGA:Kampanye Mulai Hari Ini, Ini Dia 3 Lokasi Rapat Umum di Kota Cirebon

Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, menyampaikan selamat bertugas kepada para pimpinan DPRD yang baru dilantik.

Ia berharap dengan terbentuknya pimpinan DPRD definitif, mereka dapat segera melaksanakan fungsi kelembagaan secara utuh.

"Setelah ini, rencananya besok sore kami akan menyampaikan Raperda APBD-P kepada DPRD, serta Raperda RPJPD 2025-2045 yang sudah selesai dievaluasi oleh Gubernur. Mudah-mudahan pembahasannya bisa tepat waktu sesuai yang kita harapkan," katanya. (azs/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: