Mahasiswa IPB Cirebon Dibekali Kemampuan Public Speaking

Mahasiswa IPB Cirebon Dibekali Kemampuan Public Speaking

LATIHAN: Mahasiswa IPB Cirebon dibekali keterampilan atau kemampuan public speaking.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tidak semua orang mempunyai keahlian public speaking. Tetapi keterampilan berbicara ini bisa dipelajari dan dikuasai semua orang.

Dalam seminar bertajuk Public Speaking to Build Networking yang digelar English Education Community (EEC) IPB Cirebon, Jumat (18/10/2024), Humas IPB Cirebon Cici Situmorang mengatakan bahwa berbicara di depan umum atau public speaking menjadi satu dari sekian banyak keterampilan yang berperan besar dalam membangun relasi dengan seseorang atau korporasi.

“Berdasarkan riset, sebanyak 75 persen orang dewasa merasa takut untuk berbicara di depan umum. Jadi sebelum kita berbicara di depan umum, ada beberapa hal yang harus kita pahami, yaitu bagaimana cara kita mendengar," ujarnya.

Cici menuturkan bahwa dalam public speaking, hal pertama yang dilakukan adalah dengan memahami gestur tubuh dan penampilan. Pasalnya kedua hal tersebut merepresentasikan bagaimana kepribadian dan caranya berpikir seorang pembicara.

BACA JUGA:Libatkan 1.000 Santri, Danone Indonesia dan Serikat Ekonomi Pesantren Tanam 5.000 Bibit Pohon

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa public speaking memberikan kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki ide dan pemikiran yang sama. Ketika berbicara di depan umum, seseorang memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain, terlibat dalam percakapan dan bertukar informasi kontak.

Hal ini bisa menjadi awal yang baik untuk membangun sebuah relasi. “Yang terpenting untuk menjalani sebuah networking adalah etika kita berbicara yang yang baik supaya kita bisa membangun relasi yang bain dengan seseorang," ujarnya.

Cici menekankan bahwa dalam sebuah relasi, baik dengan seseorang, organisasi maupun dengan korporasi, tidak bisa terbangun hanya dalam waktu yang singkat. Dalam membangun relasi, tentunya harus terus dijaga dan rawat dengan cara berkomunikasi di momen-momen tertentu.

Kegiatan seminar tersebut, selain dihadiri mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IPB Cirebon juga dihadiri oleh mahasiswa dari Prodi lainnya, seperti Sastra Inggris, Sastra Jepang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer (PTIK).

BACA JUGA:Ulama Garut Minta Paslon ASIH Lanjutkan Program Kobong Kang Aher, Begini Jawaban Syaikhu

Sebelumnya, kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Kaprodi PBI, Dwi Nopyadi MPd dan Kevin selaku ketua panitia seminar.

Dalam seminar yang disponsori oleh Frozz, Le Bening dan Emina itu, para peserta juga berkesempatan untuk mencoba melakukan public speaking di depan umum. Dimana, mereka merasa sangat antusias untuk menjajal kemampuan public speakingnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: