Akhirnya, Kota Cirebon Punya Mall Pelayanan Publik, Nih Fungsinya

Akhirnya, Kota Cirebon Punya Mall Pelayanan Publik, Nih Fungsinya

Pemerintah Kota Cirebon meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Pemuda Raya, Kota Cirebon, Senin 30 Desember 2024. -DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kota Cirebon meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Pemuda Raya, Kota Cirebon, Senin 30 Desember 2024.

Peluncuran MPP dilakukan secara simbolis dalam acara soft launching oleh Penjabat (Pj) Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi  didampingi Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Dr H Iing Daiman dan instansi terkait.

Pj Walikota H Drs Agus Mulyadi mengungkapkan, MPP Kota Cirebon merupakan langkah maju dalam mengintegrasikan berbagai layanan publik untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

"Kita dorong di tahun 2025 MPP ini bisa melakukan grand opening dengan seluruh layanan yang ada. Secara teknis, saya perintahkan kepada perangkat daerah terkait untuk melengkapi sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) yang ada," ungkapnya.

BACA JUGA:Atasi Banjir, Pj Bupati Cirebon Tinjau Saluran Air dan Kabel Listrik di Kedawung

BACA JUGA:Harvey Moeis Divonis 6,5 Tahun, Presiden Prabowo Minta Jaksa Agung untuk Banding

Lebih lanjut, Pj Walikota menegaskan, Pemerintah Kota Cirebon berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas, terutama di bidang perizinan dan non-perizinan.

Hal ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan yang dibutuhkan.

"Pelayanan publik yang baik adalah kebutuhan utama masyarakat. Dengan adanya MPP ini, kami berharap dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan tersebut," tegasnya.

Menurut Dia, MPP dinilai sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan berbagai layanan publik dalam satu lokasi.

Dengan sistem yang terintegrasi, masyarakat tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat untuk mengurus berbagai dokumen administrasi.

BACA JUGA:Asuransi Astra Jaga Reputasi dan Kepercayaan Pelanggan

BACA JUGA:Jabatan Kapolres Cirebon Kota Bakal Berganti, Inilah Sosok Pengganti AKBP Muhammad Rano Hadiyanto

"MPP ini akan menghemat waktu, biaya, dan tenaga masyarakat. Semua layanan ada di satu tempat, sehingga prosesnya lebih cepat dan efisien," ujarnya.

Agus menjelaskan, beberapa manfaat yang akan didapatkan dari adanya MPP antara lain pemangkasan birokrasi, peningkatan kecepatan pelayanan, akuntabilitas, dan transparansi.

"Melalui sistem berbasis teknologi, setiap proses pelayanan akan tercatat dengan baik, meminimalkan peluang terjadinya praktik yang tidak sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik," jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Agus, MPP juga dirancang untuk memudahkan akses bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

"Kita pastikan MPP ini ramah terhadap semua kalangan, sehingga semua warga, tanpa terkecuali, bisa menikmati layanan secara adil dan merata," ucapnya.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tempat Pesta Malam Tahun Baru di Cirebon Raya

BACA JUGA:Lansia Asal Indramayu Meninggal di Karanggetas Cirebon, Diduga Ini Penyebabnya

Pj Walikota berharap agar MPP ini dapat menjadi simbol perubahan dalam paradigma pelayanan publik yang lebih modern, profesional, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

"Ini bukan sekadar fasilitas fisik, tetapi simbol dari langkah kita menuju pelayanan yang lebih baik di Kota Cirebon," tandasnya.

Pj Walikota Cirebon menuturkan, pentingnya kolaborasi antar instansi terkait, baik pemerintah daerah, BUMN, BUMD, maupun sektor swasta.

"Keberhasilan MPP ini tidak hanya bergantung pada satu pihak, melainkan hasil dari kerja sama kita semua. Mari kita bersama-sama terus meningkatkan kualitas layanan yang ada di MPP," tuturnya.

Selain itu, Pj Walikota Drs H Agus Mulyadi menyebutkan, peningkatan kapasitas SDM dalam memberikan pelayanan yang prima.

"Pelayanan publik yang berkualitas membutuhkan SDM yang kompeten, berintegritas, dan ramah. Saya berharap semua pihak yang terlibat dapat terus meningkatkan kapasitas SDM di MPP," sebutnya.

BACA JUGA:Reynhard Sinaga, Pelaku Kejahatan Seksual di Inggris yang Tersangka 159 Pemerkosaan

Pj Walikota optimis terhadap keberhasilan MPP dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Saya yakin dengan semangat kolaborasi dan inovasi, MPP ini akan menjadi salah satu kebanggaan Kota Cirebon, simbol dari kota yang maju, ramah, dan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk warganya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cirebon, Sosro menjelaskan, MPP menyediakan 18 jenis layanan publik yang siap diakses masyarakat.  

Sosro juga mengajak masyarakat untuk memberikan masukan guna perbaikan dan pengembangan MPP ke depan.

"Kami membuka ruang untuk masukan dari masyarakat. Apa saja yang perlu diperbaiki atau ditambahkan, semua masukan akan kami terima," jelasnya.

BACA JUGA:Akhir Tahun, Kemendagri Ingatkan Pemda yang Serapan APBD-nya Rendah: Tolong Konsolidasi

Menurut Sosro, MPP adalah bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, serta meningkatkan sinergi dan kerja sama antara semua instansi di Kota Cirebon.

"MPP ini menjadi eskalasi atas pelayanan yang lebih baik, yang akan mendukung kemajuan Kota Cirebon secara keseluruhan.”

“Dengan semangat kerja sama dan kolaborasi, MPP Kota Cirebon diharapkan dapat menjadi model pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif, memberikan solusi nyata bagi masyarakat, serta menjadi bagian penting dalam pembangunan Kota Cirebon ke depan," pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: