Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Komunitas

ilustrasi komunitas-ist-radarcirebon.com
4. Dukungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Keterlibatan LSM dalam program pengembangan komunitas dapat membantu usaha kecil untuk mengakses jaringan yang lebih luas dan mempercepat pertumbuhan mereka (Hsu et al., 2021).
5. Dukungan sektor swasta dalam pengembangan usaha berbasis komunitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Armstrong et al. (2020), kemitraan antara sektor swasta dan usaha berbasis komunitas dapat meningkatkan keberlanjutan usaha dengan memberikan akses ke sumber daya dan pasar yang lebih luas.
Pengembangan usaha yang efektif dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat. Memahami konsumen melalui survei dan segmentasi pasar membantu pelaku usaha merancang produk yang tepat dan strategi pemasaran yang efektif.
BACA JUGA:Tiga BUMN Bidang Penyebrangan Laut Bakal Digabung Jadi Satu Perusahaan, Pelindo Jadi Holding
Membangun komunitas konsumen memperkuat hubungan dengan konsumen, meningkatkan loyalitas, dan mendukung promosi. Komunitas juga memberikan manfaat bagi pelaku usaha, seperti umpan balik langsung dan pengurangan biaya pemasaran, serta bagi konsumen dengan akses informasi dan rasa kebersamaan.
Strategi pengembangan usaha berbasis komunitas perlu memanfaatkan teknologi, melibatkan masyarakat, dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.(opl)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: