Cara Unik Puskesmas Kuningan Saat CKG, Nuansa Ulang Tahun Hingga Jemput Pasien ke Rumahnya

Petugas memakai bondu ala ulang tahun di Puskesmas Kuningan-Andre Mahardika-RADARCIREBON.COM
KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Cara unik dilakukan Puskesmas Kuningan untuk menyukseskan pelaksanaan program Cek Kesehatan Gratis (CKG) bagi yang berulang tahun di bulan Januari dan Februari.
Selain seluruh petugas mengenakan aksesoris ulang tahun berupa bondu dan topi ulang tahun, dibuatkan juga satu sudut spot foto lengkap dengan pernak pernik pesta.
Hal itu diterapkan agar masyarakat berbondong-bondong datang ke Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan gratis bagi yang masuk ke kategori diatas.
BACA JUGA:Inilah Alasan KPK Belum Umumkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana CSR Bank Indonesia
BACA JUGA:Kolaborasi Semua Pihak Kunci Sukseskan MBG
BACA JUGA:397 Mahasiswa UNU Ikuti Prosesi Wisuda
Meskipun rutin mengumumkan setiap pagi langsung didepan antrean pasien maupun pengantar pasien tentang program kesehatan gratis, langkah cepat dilakukan petugas Puskesmas dengan turun langsung menggali informasi tentang keberadaan masyarakat yang berulang tahun bulan Januari dan Februari.
Kepala Puskesmas Kuningan, Sri Widiastuti mengungkapkan, Hal itu dilakukan guna mengoptimalkan pelaksanaan program, khawatir informasi tidak sampai ke masyarakat secara luas.
"Jenis kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dimana kami melakukan upaya dan pendekatan dan penerobosan kepada masyarakat berupa sosialisasi ini merupakan layanan lanjutan yaitu melalui kunjungan rumah.”
“Dimana ada beberapa masyarakat yang mungkin belum mampu mengakses informasi download aplikasi satu sehat mobile jadi kami melakukan kunjungan rumah," jelas kepala Puskemas.
BACA JUGA:SMK Informatika Al- Irsyad Al-Islamiyyah Gelar Skinfa Fest ke-3
BACA JUGA:Rafting di Cikole Lembang: Tantangan Seru di Tengah Pesona Alam
Selain itu, dirinya turun langsung mencari satu persatu rumah warga yang sebelumnya mendapat informasi dari petugas Puskesmas.
"Sengaja kita lakukan, turun langsung ke masyarakat, untuk memfasilitasi bilamana terdapat warga yang mengalami kendala proses registrasi," ungkapnya.
Benar saja, upaya tersebut membuahkan hasil. Dimana, belum jauh melangkah ke rumah rumah warga, dirinya mendapati penghuni rumah yang belum melakukan pendaftaran sebagai penerima kado ulang tahun berupa CKG.
BACA JUGA:Pj Bupati Berpesan Jaga Membangun Karakter Siswa
Beruntung, saat melakukan kunjungan, Sri mengajak petugas lain yang memiliki kompetensi di bidang IT untuk membantu proses registrasi.
“Kendala yang dialami pendaftar biasanya tidak faham dengan hp android sehingga mereka meminta bantuan kepada anaknya. Tidak paham email atau password yang harus dicantumkan disitu," terangnya.
"Kebetulan kita bawa petugas yang kompeten di bidang IT. Jadi, tadi langsung dibantu apa saja yang dilengkapi," imbuh Sri. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: reportase